ANALISIS PERILAKU KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, SEMANGAT KERJA GURU, SUPERVISI PENGAWAS SEKOLAH TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN GURU

Main Article Content

I Wayan Suryanto

Abstract

Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah, Semangat Kerja Guru, Supervisi pengawas sekolah dengan Kualitas Pembelajaran Guru SMK Kesehatan Maharishi Di Wanayu Bedulu Blahbatuh secara terpisah maupun simultan. Dengan tabel Robert V. Krejcie Daryle W. Morgan’s diambil 48 orang sebagai sampel dengan teknik proportional random sampling. Data dianalisis dengan menggunakan uji regresi sederhana dan sumbangan efektif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah dengan kualitas pembelajaran guru; (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara semangat kerja guru dengan kualitas pembelajaran guru; (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara supervisi pengawas sekolah dengan kualitas pembelajaran guru; (4) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah, Semangat Kerja Guru, Supervisi pengawas sekolah dengan kualitas pembelajaran guru.
Kata Kunci: Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah, Semangat Kerja Guru, Supervisi pengawas sekolah, dan Kualitas Pembelajaran guru.
Abstract
This study aimed at finding out the correlation between school principal’s leadership behavior, teacher’s enthusiasm at work and school supervisor’s supervision and quality of teaching of the vocational high school teacher of SMK Kesehatan Maharishi at Wanayu Bedulu, Blahbatuh both separately and simultaneously. By applying Robert V Krejcie Daryle W Morgan’s table, 48 teachers were selected as the sample through proportional random sampling. The data was analyzed by using simple regression test and effective contribution. The result showed that (1) there was a positive and significant correlation between school principal’s leadership behavior and quality of teaching; (2 ) There was a positive and significant correlation between teacher’s enthusiasm at work and quality of teaching ; (3) There was a positive and significant correlation between school supervisor’s supervision and quality of teaching; (4) There was a positive and significant simultaneous correlation between school principal’s leadership behavior, teacher’s enthusiasm at work and school supervisor’s supervision and quality of teaching.
Keywords: School Principal’s Leadership Behavior, Teacher’s Enthusiasm at Work, Sepervisor’s Supervision, Teacher’s Quality of Teaching.

Article Details

How to Cite
Suryanto, I. W. (2016). ANALISIS PERILAKU KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, SEMANGAT KERJA GURU, SUPERVISI PENGAWAS SEKOLAH TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN GURU. JEPUN: Jurnal Pendidikan Universitas Dhyana Pura, 1(2). Retrieved from http://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/Jepun/article/view/174
Section
Articles