EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF DENGAN SETING DISKUSI KELOMPOK KECIL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA ANAK USIA DINI

Main Article Content

L. M. Indria Dewi
Ni Luh Rimpiati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran video interaktif dengan seting diskusi kelompok kecil untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada anak usia dini.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental), dengan rancangan penelitian posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini ditetapkan 6 kelas sebagai populasi, antara lain kelas B1, B2, B3, B4, B5, dan B6 tahun pelajaran 2014/2015 di TK Widya Craya, Peliatan, Ubud. Jumlah populasi pada penelitian ini adalah sebesar 124 orang.Sampel ditarik dengan teknik “Cluster Random Sampling” (sampling acak kelas). Sampel yang digunakan adalah siswa yang berjumlah 40 orang, yang tersebar dalam dua kelas. Penentuan kelas kontrol dan kelas eksperimen digunakan sistem random. Variabel independentdalam penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran video interaktif dengan seting diskusi kelompok kecil dan pembelajaran konvensional.Variabel dependent yang diteliti dalam penelitian ini adalah keterampilan berpikir kritis siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni metode obsevasi dan eksperimen. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan statistik varian (ANAVA) satu jalur.Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran video interaktif dengan seting diskusi kelompok kecil dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada anak usia dini (F=7,399 dengan taraf signifikansi 0,027 (p<0,05).


Kata Kunci: video interaktif, seting diskusi kelompok kecil, keterampilan berpikir kritis, anak usia dini.

Article Details

How to Cite
Dewi, L. M. I., & Rimpiati, N. L. (2016). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF DENGAN SETING DISKUSI KELOMPOK KECIL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA ANAK USIA DINI. JEPUN: Jurnal Pendidikan Universitas Dhyana Pura, 1(1). Retrieved from http://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/Jepun/article/view/78
Section
Articles

References

Candiasa, I M. (2004).Analisis butir disertai aplikasi dengan ITEMAN, BIGSTEPS dan SPSS. Buku penunjang mata kuliah psikometri. Singaraja: Unit Penerbitan IKIP Negeri Singaraja.

Kuncoro.(2012). Konsep-konsep dasar pendidikan anak usia dini. e-jurnal. Diperoleh pada 1 Desember 2012. daripada http://pgpaud.unpkediri.ac.id.

Permendiknas no 58. 2009. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa Menteri Pendidikan Nasional. Diunduh pada 16 April 2015, dari:http://sdm.data. kemdikbud.go.id/SNP/dokumen/Permendiknas%20No%2058%20Tahun%2

Redhana, I W. (2002). Meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMU Negeri 4 Singaraja kelas II1 semester 1 tahun ajaran 2002/2003 pada pembelajaran kimia melalui pembelajaran kooperatif dengan strategi pemecahan masalah. Masters thesis, Fakultas Pendidikan MIPA, IKIP Negeri Singaraja (unpublished).

Santyasa, I W. 2005. Analisis butir dan konsistensi internal tes. Makalah. Makalah disajikan dalam work shop bagi para Pengawas dan Kepala Sekolah Dasar di Kabupaten Tabanan, tanggal 20-25 Oktober 2005 di Kediri Tabanan Bali.

Sukardi. (2004). Metodologi penelitian pendidikan kompetensi dan praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Tatar, E. & Oktay, M. (2007). Student misunderstandings about the energy conservation principle: A general view to studies in literature. International of Environmental and Science Education.2(3).79-86