PKM PENGELOLAAN RESTORAN DI WARUNG MADU SEGARA DI DESA GUMBRIH PEKUTATAN, JEMBRANA - BALI

Gusti Ngurah Joko Adinegara, I Ketut Sirna, Gilbert Nainggolan

Abstract


ABSTRAK
Warung Madu Segara yang terletak di pinggir pantai merupakan salah satu kelompok sadar wisata di Desa Wisata Gumbrih yang bergerak dalam usaha kuliner yang berusaha mengangkat potensi dari kelompok sadar wisata lainnya. Warung Madu Segara mengalami permasalahan dalam pengelolaan sebuah warung makan. PKM ini berupaya membantu permasalahan yang dihadapi dalam pengelolaan restoran, pengolahan bahan makanan sampai dengan penyajian makanan dalam memberikan pelayanan makan dan minum bagi wisatawan yang datang berkunjung. Permasalahan yang dihadapi adalah masih rendahnya pengetahuan dan ketrampilan pengelola dan staf Warung Madu Segara dalam pengelolaan sebuah warung makan, pengetahuan pengolahan makanan dan minuman. Kendala lainnya adalah Warung Madu Segara belum dikenal di kalangan wisatawan karena kurangnya informasi dan promosi sehingga perlu adanya pendampingan dalam aspek pemasaran dan penataan usaha warung makan. Metode yang digunakan adalah pelatihan dan pendampingan tentang pengelolaan warung makan, dengan mendatangkan instruktur baik instruktur memasak (chef) dan instruktur tata hidangan (waiter) yang berpengalaman. Kegiatan yang telah dilakukan adalah pemenuhan keperluan memasak serta pengolahan minuman, praktek pengolahan memasak dan pengolahan minuman, serta teori manejemen pengelolaan restoran. Hasil dari program PKM ini adalah terjadi peningkatan pengetahuan pengelolaan sebuah warung makan, baik dari segi pengelolaan restoran, pengolahan dan penyajian makanan dan minuman, serta dapat mengangkat potensi lokal yang dapat sajikan kepada wisatawan.
Kata Kunci: Desa Wisata Gumbrih, Manajemen, Pengelolaan, Restoran.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.