PELATIHAN dan PENDAMPINGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI TK NEGERI KINTAMANI

Putu Indah Lestari, Elizabeth Prima, Indah Pramita

Abstract


ABSTRAK
TK Negeri Kintamani terletak di Jalan Raya Kintamani, Desa Kintamani Kecamatan Kintamani
Kabupaten Bangli, Bali. Sekolah ini merupakan sekolah inti yang membawahi 11 sekolah imbas
dalam satu gugus. Tahun ajaran 2018/ 2019 sekolah ini menerima 2 Anak Berkebutuhan Khusus
(ABK) yakni anak tuna rungu. Tahun ajaran 2019/2020 ada 3 orang ABK yakni 2 anak tuna rungu
dan 1 orang anak didiagnosa hiperaktif. Guna menjawab permasalahan yang dialami mitra yaitu
kurangnya pengetahuan mitra dalam mengangani anak berkebutuhan khusus, maka diberikan solusi
kegiatan workshop ABK. Metode yang digunakan merupakan metode ceramah, tanya jawab, diskusi
dengan pendekatan partisipatif melibatkan guru-guru. Kegiatan didahului dengan melakukan pre
test untuk mengatuhi pengetahuan guru-guru tentang ABK dengan hasil rata-rata skor sebesar 45.
Kemudian pelaksanaan workshop disertai dengan tanya jawab dan praktek tentang penanganan
terapi bagi ABK khuhusnya untuk anak autis dan hiperkatif. Hasil post test kemampuan guru-guru
tentang ABK meningkat sebesar 58% dengan rata-rata mendapatkan skor. 71 Sebanyak 86%
responden menyatakan materi yang disampaikan narasumber bermanfaat bagi guru. Di samping
hasil angket, peserta juga diamati dari hal keterlibatan dan partisipasi dalam workshop. Ini sangat
membantu Tim Pelaksana sehingga semua berjalan baik dan lancar.
Kata kunci: PKM, ABK, TK Negeri Kintamani

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.