PENDAMPINGAN PEMASARAN DAN RE-BRANDING USAHA MADU TANI DI BLIMBINGSARI

Main Article Content

I Kadek Dedi Susila Yasa
I Wayan Toni Astika Putra
Ni Putu Devi PradnyaWulantari
Ni Komang Ayunda Paramita
Ni Putu DyahKrismawintari
Putu Suarmi Sri Patni
Dr. Christimulia
I Made Darmayasa

Abstract

ABSTRAK
Madu Sari adalah sebuah brand produk dari madu hutan yang diprakarsai oleh
sejak bulan November 2020. Produk yang dipasarkan adalah madu hutan murni yang
dipanen dan dikemas di Desa Blimbingsari Kabupaten Jembrana, Bali. Permasalahan
yang sedang dihadapi oleh usaha madu sari adalah usaha Madu Sari terbentuk kelompok
dimana anggotanya terdiri dari puluhan orang dalam proses panen dan pengemasan ini
di lakukan di masing masing rumah para anggota Kelompok Tani Hutan (KTH), sehingga
tidak ada standarisasi keseragaman proses panen, pengemasan, dan pemasaran karena
bersifat pribadi. Dan proses pemasaran masih menggunakan system mulut kemulut.
Karenanya, konsumen di luar desa Blimbingsari tidak dapat menjangkau dengan mudah
melalui teknologi selain itu produsen juga belum dapat menjamin bahwa madu yang
dikemas benar-benar higienis. Maka dari itu, tim menerapkan siklus manajemen
pengetahuan (Socialization, Externalization, Combination, Internalization) untuk
meningkatkan kualitas pengemasan dan mengembangkan usaha Madu Sari. Dalam
proses wawancara kami dengan ketua Kelompok Tani Hutan yaitu bapak Madjus, tim
memiliki solusi berupa pemasaran melalui digital dan stadardisasi prosedur pengemasan
produk tahap demi tahap sehingga produk madu dapat dikemas dengan tetap terjaganya
kandungan gizinya dan terjamin higienis. Dengan demikian, UMKM ini dapat memberikan
jaminan kepada konsumen dan dapat mencapai pangsa pasar yang lebih luas dan dapat
di akses dengan mudah.
Kata kunci:Produk madu, manajemen pengetahuan, proses pengemasan, higienis, SECI

Article Details

How to Cite
Susila Yasa, I. K. D., Putra, I. W. T. A., PradnyaWulantari, N. P. D., Paramita, N. K. A., DyahKrismawintari, N. P., Patni, P. S. S., Christimulia, D., & Darmayasa, I. M. (2022). PENDAMPINGAN PEMASARAN DAN RE-BRANDING USAHA MADU TANI DI BLIMBINGSARI. Seminar Nasional Aplikasi Iptek (SINAPTEK), 4(1). Retrieved from http://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/SINAPTEK/article/view/1654
Section
Articles