PENDAMPINGAN DAN PELATIHAN STANDAR QUALITY SERVICE HOSPITALITY INDUSTRY DI SMK WIRA HARAPAN DALUNG, BADUNG, BALI

Main Article Content

I Ketut Sirna
GN Joko Adinegara
Gilbert Nainggolan
i Kadek Widyastuti

Abstract

ABSTRAK
PKM-SMK Wira Harapan, Dalung, Kuta Utara, Badung, Provinsi Bali, tujuan PKM ini adalah mempersiapkan SDM yang unggul, kompeten dan profesional dalam bidang Pariwisata dan Perhotelan, karena lapangan kerja yang paling menjanjikan khususnya di Bali adalah Pariwisata dan Hotel. Oleh sebab itu, Kepala Sekolah SMK Wira Harapan, meminta bantuan pendampingan dan pelatihan dari Tim Pengusul PKM Undhira untuk memberikan “Pendampingan dan Pelatihan standar Quality Service Hospitality Industry”, Permintaan ini dibuktikan dengan adanya Surat pernyataan kesediaan kerjasama antara mitra dengan TIM pengusul PKM dari Universitas Dhyana Pura Bali tertanggal 21 Juli 2022. Hasil Pendampingan dan Pelatihan standar Quality Service Hospitality Industry diharapkan untuk meningkatkan kompetensi dan propesionalisme Guru dan Siswa dalam pelayanan kepada tamu di hotel khususnya pada Bidang seperti: a) Standar Quality Service b) Karakteristik Service, c) Service Quality, d). Standar English Service, e). Karakteristik Customer, f). Metode penggunaan alat dalam service, g). Standar Grooming, karena guru dan siswa SMK Wira Harapan sangat membutuhkan pengetahuan, pelatihan, dan pendampingan dalam memberikan quality servise kepada tamu di hotel. Hal tersebut diatas perlu mendapatkan perhatian untuk ditangani dengan baik oleh tim PKM Undhira Bali, Metode yang digunakan untuk menanganinya yaitu tim PKM akan melakukan sosialisasi, pembinaan, pelatihan, pendampingan, monitoring, evaluasi, kepada guru dan siswa SMK Wira Harapan. Tim PKM dibantu oleh 3 orang Mahasiswa dari Undhira. Waktu yang dibutuhkan untuk kegiatan PKM ini 8 bulan yang dibiayai dari dana PKM Universitas Dhyana Pura Rp7.000.000. dan Luaran yang diharapkan adalah Artikel Jurnal nasional/internasional tidak terakreditasi, atau Prosiding Sinaptek.
Kata kunci: SMK Wira Harapan kompeten, Standar Quality Service, Karakter Service, Standar English Service, Grooming.

Article Details

How to Cite
Sirna, I. K., Adinegara, G. J., Nainggolan, G., & Widyastuti, i K. (2023). PENDAMPINGAN DAN PELATIHAN STANDAR QUALITY SERVICE HOSPITALITY INDUSTRY DI SMK WIRA HARAPAN DALUNG, BADUNG, BALI. Seminar Nasional Aplikasi Iptek (SINAPTEK), 5. Retrieved from http://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/SINAPTEK/article/view/2232
Section
Articles