PENGEMBANGAN USAHA KERAJINAN KERAMIK PEJATEN DI DESA PEJATEN, KEDIRI, TABANAN

Main Article Content

Ni Putu Yuria Mendra
Tjokorda Istri Praganingrum
Ni Putu Sintya Saraswati
I Made Suryawan

Abstract

ABSTRAK
UKM dalam kegiatan ini yaitu Durya Keramik dan Mika Keramik. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan tim ternyata kedua UKM tersebut memiliki keberlanjutan usaha yang sangat menjanjikan dan membutuhkan pembinaan dan pendampingan. Permasalahan yang akan diselesaikan pada kedua mitra yaitu 1) Peralatan dalam proses produksi masih tradisional dan banyak peralatan yang rusak dan; 2) Dalam tahapan produksi belum menerapkan sesuai standard operation procedur (SOP); dan 3) Tidak memperhatikan kesehatan dan kebersihan dalam bekerja; 4) Belum memiliki katalog dan website. Solusi yang ditawarkan pada kedua mitra yaitu 1) Peremajaan peralatan dengan melakukan pembelian peralatan berupa mesin putar listrik dan plat oven; 2) Penerapan standard operation procedur (SOP); dan 3) Pengadaan masker dan apron (celemek) bagi pekerja; 4) Pembuatan katalog dan website. Melalui kegiatan ini dapat membantu UKM untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas produksi yang pada akhirnya dapat meningkatkan profitabilitas dari usaha tersebut.
Kata Kunci: UKM, Keramik, Ekspor, Pembinaan, Pendampingan
ABSTRACT
UKM in this activity are Durya Keramik and Mika Keramik. Based on the observations made by the team, the two UKM have a very promising business continuity and require guidance and assistance. Problems that will be resolved in both partners are 1) Equipment in the production process is still traditional and many equipment is damaged and; 2) In the production stage, it has not applied according to the standard operation procedure (SOP); and 3) Not paying attention to health and cleanliness at work; 4) Don't have a catalog and website. The solutions offered to both partners are 1) Rejuvenation of equipment by purchasing equipment in the form of electric rotary machines and oven plates; 2) Implementation of standard operating procedures (SOP); and 3) Procurement of masks and aprons for workers; 4) Making catalogs and websites. Through this activity can help UKM to increase production capacity and quality, which in turn can improve the profitability of the business.
Keywords: UKM, Ceramics, Export, Coaching, Assistance

Article Details

How to Cite
Mendra, N. P. Y., Praganingrum, T. I., Saraswati, N. P. S., & Suryawan, I. M. (2018). PENGEMBANGAN USAHA KERAJINAN KERAMIK PEJATEN DI DESA PEJATEN, KEDIRI, TABANAN. Seminar Nasional Aplikasi Iptek (SINAPTEK), 1. https://doi.org/10.36002/sptk.v0i0.462
Section
Articles