PEMBELAJARAN SAINS BAGI ANAK USIA DINI MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MASA BELAJAR DARI RUMAH

Elizabeth Prima, Putu Indah Lestari

Abstract


Abstrak
Masa pandemi Covid-19 mengharuskan semua anak melaksanakan pembelajaran secara daring atau dikenal
dengan nama Belajar Dari Rumah (BDR). Selama masa pandemi, mau tidak mau pihak sekolah dan orang tua
mulai bekerjasama dalam proses pembelajaran yang akan berlangsung di rumah. Walapun hal ini tidak mudah
untuk dilakukan oleh kedua belah pihak, namun agar pembelajaran tetap dapat berlangsung maka kerjasama
sangatlah dibutuhkan. Begitu pula dalam proses pembelajaran sains, dibutuhkan strategi guru untuk
mempersiapkan pembelajaran sains yang akan dilakukan oleh peserta didik selama belajar dari rumah (BDR).
Guru dituntut untuk menjadi lebih kreatif dalam memilih konten sains yang tepat yang akan dilaksanakan dalam
pembelajaran di rumah selama masa pandemi. Hal ini dikarenakan keterlibatan orang tua dalam pembelajaran
sains anak selama belajar dari rumah (BDR) mulai dari persiapan, proses, sampai pada evaluasi. Oleh karena itu
kerjasama antara guru dan orang tua dalam pemahaman konsep sains melalui model Pembelajaran Berbasis Proyek
pada anak diharapkan mampu membantu anak berpikir lebih kritis, memecahkan masalah, dan mengetahui sebabakibat
dari sesuatu yang diamatinya.
Kata Kunci : anak usia dini, belajar dari rumah, pembelajaran sains, pembelajaran berbasis proyek
Abstract
The pandemic period makes all children carry out learning bravely or better known as Learning From
Home. During the pandemic, schools and parents have started a learning process which takes place at home. This
is not easy for both parties to do, but cooperation is needed in order for learning to take place. Likewise in the
science learning process, teachers need a strategy to prepare science learning that will be carried out by students
while learning from home. Teachers are required to be more creative in choosing the right science content that
will be carried out in home learning during the pandemic. This is because the association of parents in learning
science for children during learning from home starts from preparation, process, to evaluation. Therefore, the
collaboration between teachers and parents in understanding concepts through the Project Based Learning model
for children is expected to be able to help children think more critically, solve problems, and see the cause and
effect of something they observe.
Keywords: early childhood, home learning, science learning, project based learning,

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.