ANALISIS MEMBACA CEPAT BUKU AJAR DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 8 BANDA ACEH

Fitri Ramadhani

Abstract


Abstrak
Prestasi siswa di sekolah dipengaruhi oleh berbagai faktor internal maupun faktor eksternal. Kemampuan
membaca cepat dan pemahamannya merupakan salah satu faktor internal yang harus dikuasai siswa dalam belajar,
khususnya bidang studi fisika. Hal ini dimaksudkan agar siswa mampu memahami dan menangkap informasi yang
disampaikan. Kecepatan membaca siswa dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah
(1) untuk mengetahui kemampuan membaca cepat siswa terhadap materi dalam buku ajar fisika, dan (2) untuk
mengetahui dampak atau pengaruh yang ditimbulkan dari membaca cepat siswa terhadap prestasi belajar fisika.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan subjek siswa kelas XIIA-1 di SMA Negeri 8 Banda Aceh
yang berjumlah 27 siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) tes kecepatan membaca,
dan (2) tes pemahaman membaca. Teknik analisis data yang digunakan adalah (1) analisis tes kecepatan membaca,
(2) analisis tes pemahaman pembaca, dan (3) analisis korelasi regresi. Dari hasil analisis data diperoleh hasil (1)
kemampuan membaca cepat siswa materi dalam buku ajar fisika masih tergolong rendah, dan (2) kemampuan
membaca cepat siswa materi dalam buku ajar fisika memberikan pengaruh yang kuat bagi prestasi belajarnya,
semakin tinggi tingkat kemampuan membaca cepat siswa semakin bagus prestasi yang dicapai.
Kata Kunci : Membaca Cepat, Prestasi Belajar, Pelajaran Fisika
Abstract
Student achievement in school is influenced by various internal and external factors. The ability to read
quickly and understand is one of the internal factors that must be mastered by students in learning, especially in
the field of physics. It is intended that students are able to understand and capture the information conveyed.
Students' reading speed can affect student achievement. The aims of this study were (1) to determine the students'
speed reading ability on the material in physics textbooks, and (2) to determine the impact or influence of students'
speed reading on physics learning achievement. This type of research is descriptive research with the subject of
class XIIA-1 students at SMA Negeri 8 Banda Aceh, totaling 27 students. The data collection techniques used are
(1) reading speed test, and (2) reading comprehension test. The data analysis techniques used are (1) reading
speed test analysis, (2) reader comprehension test analysis, and (3) regression correlation analysis. From the
results of data analysis, it was found that (1) the students' ability to read quickly the material in physics textbooks
was still relatively low, and (2) the students' ability to read quickly the material in physics textbooks gave a strong
influence on their learning good achievement.
Keywords: Speed Reading, Learning Achievement, Physics

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.