PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BOGA DASAR

Ni Putu Silvia Dewi, I Ketut Suartana

Abstract


Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Team Games Tournament
(TGT) dapat meningkatkan motivasi siswa, mengetahui penerapan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan
hasil belajar siswa, dan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan motivasi dan
hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Boga Dasar. Jenis penelitiannya yakni kualitatif PTK dengan menerapkan
metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Objek penelitian adalah motivasi dan hasil
belajar siswa serta sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X JB 3 SMK Pariwisata Triatma Jaya, Badung.
Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran TGT dapat
meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada siklus I ke siklus II. Pada sikulus I, jumlah presentase rerata skor
motivasi siswa 65,30 %, siklus II mendapatkan skor 78,64 %, terjadi peningkatan sebesar 18,01%. Hasil belajar
siklus I mencapai presentase rerata 75,66% sedangkan pada siklus II 83,66%, terjadi peningkatan sebesar 08,00%.
Pada Ketuntasan Klasikal siklus I mencapai presentase rerata 43,18% pada siklus II mendapat skor 100%, terjadi
peningkatan sebesar 56,82%.
Kata Kunci: model pembelajaran team games tournament, motivasi belajar, hasil belajar.
Abstract
The purpose of this research is to apply a cooperative learning model namely Team Games Tournament
(TGT) to increase motivation students, to understand apply model learning TGT to increase result of learning,
and to apply model learning to increase motivation and student learning in basic catering. This is a qualitative
classroom research with non-probability sampling using purposive sampling technique. The objects of the
research include student motivation and learning outcomes with sample research student class X JB 3 SMK
Pariwisata Triatma Jaya Badung. Data analysis used descriptive qualitative. The result of this research indicates
that model learning TGT may increase motivation and outcome learning from cycle I to cycle II. At cycle I average
presentase score motivation student 65.30%. Cycle II average score 78.64% that avarage increase 18.01%.
Method learning increase presentase score 75.66% and cycle II 83.66% and increase 08.00%. The last clasical
cycle I increase presentase in avarage 43.18%. On cycle II get score 100%, that increase 56.82%.
Keywords: learning model of team games tournament. Learning motivation. Learning outcomes.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.