IMPLEMENTASI METODE MASYARAKAT BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI

Main Article Content

I Made Elia Cahaya
Ni Made Ayu Suryaningsih

Abstract

Abstrak
Pengembangan kreativitas perlu diasah sedini mungkin. Setiap anak memiliki potensi kreatif di dalam dirinya. Namun metode mengajar yang kurang tepat dapat menghambat perkembangan tersebut. Metode masyarakat belajar memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kreativitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengimplementasian metode masyarakat belajar untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini tingkat Taman Kanak-kanak. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa TK Tunas Mekar II Dalung yang terletak di Kecamatan Kuta Utara, tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan metode observasi. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas B TK Tunas Mekar II Dalung sebanyak 19 anak, dengan objek penelitian implementasi metode masyarakat belajar terhadap peningkatan kreativitas anak usia dini. Hasil yang diperoleh dari pengimplementasian metode masyarakat belajar yakni dapat meningkatkan kreativitas anak dari siklus I sebesar 63,16% (12 anak) menjadi 100% (19 anak) pada siklus II.
Kata Kunci : metode masyarakat belajar, kreativitas anak usia dini
Abstract Creativity development needs to be sharpened as early as possible. Every child has a creative potential in themselves. However, improper teaching methods can hamper these developments. The method of learning society provides an opportunity for students to develop their creativity. This research aims to determine the implementation of learning community methods to improve early childhood creativity in kindergarten level. The research was conducted at TK Tunas Mekar II Dalung located in District North Kuta, in the academic year 2014/2015. This type of research is a classroom action research using observational methods. Subject in this research was 19 children group B TK Tunas Mekar II Dalung, with the object of research implementation of learning communities methods to increase early childhood creativity. The results obtained from the implementation of community learning methods namely the increasing creativity of early childhood from the first cycle of 63,16% (12 children) into 100% (19 children) in the second cycle.
Keywords : learning community method, early childhood creativity

Article Details

How to Cite
Cahaya, I. M. E., & Suryaningsih, N. M. A. (2017). IMPLEMENTASI METODE MASYARAKAT BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI. MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 1(1). Retrieved from http://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jmk/article/view/252
Section
Articles