KREATIF MATEMATIKA MELALUI OUTBOUND : ALTERNATIF PEMBELAJARAN BAGI ANAK USIA DINI

Main Article Content

Christiani Endah Poerwati
I Made Elia Cahaya
Ni Made Ayu Suryaningsih

Abstract

Abstrak
Pengenalan matematika pada anak usia dini perlu didesain dengan pembelajaran dan kegiatan yang kreatif dan inovatif. Pengalaman langsung dalam kegiatan hands-on dengan mengobservasi dan mengeksplorasi benda konkrit dalam kegiatan outbound dapat memotivasi minat anak untuk mempelajari matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kegiatan outbound dalam meningkatkan kemampuan matematika anak usia dini tingkat Taman Kanak-kanak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan metode observasi. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa Taman Kanak-kanak di PAUD Tunas Mekar II Dalung, dengan Objek penelitian implementasi kegiatan outbound dalam meningkatkan kemampuan matematika anak usia dini. Pada observasi awal, kemampuan matematika anak hanya mencapai kriteria ketuntasan 42,86%. Penerapan kegiatan outbound dalam siklus I terjadi peningkatan kemampuan matematika anak menjadi 52,38%, dan kembali mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 95,24%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi kegiatan outbound dapat meningkatkan kemampuan matematika anak usia dini.
Kata kunci : anak usia dini, kreatif matematika, kegiatan outbound
Abstract
The introduction of mathematics in early childhood need to be combined with learning and any creative and innovative activities. Direct experience in hands-on activities to observe and explore concrete objects in outbound activities to motivate interest in children to learn math. This study aims to determine the implementation of outbound activity to improving the math skills of early childhood kindergarten level. This research is a classroom action research using observational methods. The research subject of this class action is a kindergarten student in early childhood Tunas Mekar II Dalung, with the object of research implementation outbound activity in improving early childhood math skills. At the initial observation, mathematical abilities of children only reached 42.86% completeness criteria. Application of outbound activity in the first cycle increased mathematical abilities of children became 52.38%, and again experienced an increase in the second cycle into 95.24%. It can be concluded that the implementation of outbound activity can improve math skills of early childhood.
Keywords: early childhood, creative mathematics, outbound activities

Article Details

How to Cite
Poerwati, C. E., Cahaya, I. M. E., & Suryaningsih, N. M. A. (2017). KREATIF MATEMATIKA MELALUI OUTBOUND : ALTERNATIF PEMBELAJARAN BAGI ANAK USIA DINI. MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 1(1). Retrieved from http://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jmk/article/view/253
Section
Articles