HUBUNGAN POLA ASUH TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI

Main Article Content

I G A Agung Sri Asri
Ni Wayan Suniasih
I Ketut Suparya

Abstract

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pola asuh otoriter, demokratis dan permisif secara bersama-sama menunjukkan adanya hubungan dengan perkembangan nilai moral agama, sosial emosional, bahasa, kognitif dan fisik motorik. Penelitian ini dilakukan di TK Kuntala Dewi III Desa Abiansemal, Kecamatan Abiansemal Badung, dengan sampel sebanyak 42 siswa yang ada pada TK Kuntala Dewi III. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian hanya hipotesis utama tidak merinci lebih jauh pada bagian-bagian yang lebih kecil. Adapun hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan secara bersama-sama antara pola asuh demokratis, otoriter, permisif dengan perkembangan nilai moral dan agama, perkembangan sosial emosional, perkembangan bahasa, perkembangan kognitif, perkembangan fisik. Analisis data penelitian menggunakan teknik korelasi kanonikal. Pengolahan data korelasi kanonikal dalam penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS-16 for windows. Berdasarkan hasil anilisis data, maka dapat disimpulkan dua variabel dependen dan variabel independen memiliki hubungan yang signifikan. Dengan perkataan lain terdapat hubungan antara pola asuh otoriter, demokratis, dan permisif dengan perkembangan nilai moral, sosial emosional, bahasa, kognitif, dan fisik motorik jika dilakukan pengujian secara kelompok. Dari tiga variabel independen, ada satu variabel yang memiliki hubungan yang sangat tinggi yaitu pola asuh demokratis. Dengan demikian dapat diartikan pola asuh demokratis berpengaruh terhadap perkembangan moral agama, soasial emosional, bahasa, kognitif, dan fisik motorik
Kata Kunci: pola asuh, nilai agama moral, sosial emosional, bahasa, kognitif, fisik motorik
ABSTRACT
The purpose of this study was to determine whether the authoritarian parenting, democratic and permissive together suggest a link with the development of moral values of religious, social, emotional, language, cognitive and physical motor. This research was conducted in kindergarten Kuntala Dewi III, Abiansemal Village, District Abiansemal Badung, with a sample of 42 students that exist in kindergarten Kuntala Dewi III. The hypothesis of the study is only the main hypothesis gave no further details on the portions smaller. The hypothesis proposed is that there is a relationship together between parenting democratic, authoritarian, permisive with the development of moral and religious values, social emotional development, language development, cognitive development, physical development. Research data analysis using canonical correlation techniques. Data processing canonical correlation in this study using SPSS 16 for windows. Based on the analysis of data it was inferred that the dependent variable and independent variables have a significant relationship. In other words, there is a relationship between the authoritarian parenting, democratic, and permsisif with the development of moral values, social, emotional, language, cognitive, physical and motor if the testing is done in groups. Of the three independent variables, there is one variable that have a very high that a democratic upbringing. Thus it can be interpreted democratic parenting influence on the moral development of religion, soasial emotional, language, cognitive, physical and motor.
Keywords: parenting styles, religious values moral, social, emotional, language, cognitive, physical motor

Article Details

How to Cite
Asri, I. G. A. A. S., Suniasih, N. W., & Suparya, I. K. (2018). HUBUNGAN POLA ASUH TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI. MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 1(2). Retrieved from http://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jmk/article/view/302
Section
Articles