MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN SIKLUS LESSON STUDY

Main Article Content

I Wayan Sujana

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk 1) meningkatkan kemampuan berpikir kritis; 2) meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah metode pengembangan intelektual PAUD melalui model problem based learning (PBL) dalam siklus lesson study. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester II PG PAUD UPP Denpasar dengan jumlah 18 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam siklus lesson study. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, pada tahap pra siklus persentase kemampuan berpikir kritis mahasiswa hanya 53,05% dikategorikan rendah; pada siklus I persentasenya meningkat menjadi 66,11% dikategorikan sedang; dan pada siklus II persentase mencapai 85,11% dikategorikan tinggi. Hasil belajar pun meningkat dari tahap pra siklus yang rerata hasil belajar mahasiswa 55 dengan ketuntasan belajarnya hanya 5,56% dikategorikan rendah; pada siklus I mengalami peningkatan rerata menjadi 65,28 serta ketuntasannya belajarnya menjadi 44,44% dengan kategori sedang, dan rerata hasil belajar pada siklus II menjadi 85,56 dengan persentase hasil belajar meningkat secara signifikan menjadi 100% dengan kategori tinggi. Dari hasil persentase tersebut dapat disimpulkan bahwa model problem based learning (PBL) dalam siklus lesson study secara positif signifikan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah metode pengembangan intelektual anak mahasiswa semester II PGPAUD FIP Undiksha.
Kata kunci : PBL, lesson study, berpikir kritis, hasil belajar.
Abstract
This study aims to 1) improve the ability of critical thinking; 2) to improve student learning outcomes in PAUD intellectual development method course through problem based learning model (PBL) in lesson study cycle. Subjects in this study were students of second semester PG PAUD UPP Denpasar with the number of 18 people. This type of research is a classroom action research conducted in a lesson study cycle. Data collection techniques used observation and test techniques. Data were analyzed using quantitative descriptive analysis technique. Based on the results of the research, in the pre-cycle stage the percentage of students' critical thinking ability is only 53.05% is categorized as low; in cycle I the percentage increased to 66.11% is categorized as being; and in cycle II the percentage reached 85.11% is categorized as high. Learning outcomes also increased from the pre-cycle stage that the average learning outcomes 55 students with learning completeness only 5.56% is categorized as low; in the first cycle had an average increase to 65.28 and the completeness of the study to 44.44% with the medium category, and the average learning outcomes in cycle II to 85.56 with the percentage of learning achievement increased significantly to 100% with high category. From the result of the percentage, it can be concluded that the model of problem based learning (PBL) in the lesson study cycle is positively significant can improve the ability of critical thinking and student learning outcomes in the course of intellectual development method of second semester students PG-PAUD
Key words : PBL, lesson study, critical thinking, learning outcomes

Article Details

How to Cite
Sujana, I. W. (2017). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN SIKLUS LESSON STUDY. MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 1(2). Retrieved from http://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jmk/article/view/305
Section
Articles