Analisis Kualitas Air pada Sumber Mata Air Di Dusun Paangtebel Desa Peguyangan Kaja Denpasar Ditinjau dari Aspek Kimia dan Biologi

Main Article Content

A. A. Istri Mirah Dharmadewi
I Made Apriana

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan Dusun Paangtebel Desa Peguyangan Kaja Denpasar. Penelitian ini diharapkan dapat membantu masyarakat di Dusun Paangtebel dalam memanfaatkan sumber mata air sebagai sumber air minum. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kualitas air pada sumber mata air yang ditinjau dari sifat kimia. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif yang mendeskripsikan atau memberikan gambaran terhadap objek yang diteliti melalui data sampel atau populasi yang ditemukan saat penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi yang dilakukan dengan cara mengadakan pengamatan langsung terhadap objek penelitian. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan acak kelompok (RAK). Hasil yang diperoleh adalah kualitas air pada sumber mata air setelah dilakukan perbandingan parameter antara kualitas air yang telah dianalisis dengan standar baku mutu air minum berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 492/Menkes/Per/IV/2010 Tanggal 19 April 2010 dan Peraturan Pemerintah No. 82 Tahun 2001 tentang persyaratan kualitas air minum menunjukan hasil sumber mata air belum memenuhi persyaratan sebagai sumber air minum. Dikarenakan masih terkandung bakteri Coliform yang melebihi ambang batas yang diperbolehkan oleh Permenkes dan Peraturan Pemerintah No. 82 Tahun 2001. Ditemukan kandungan bakteri Coliform dalam sampel sumber mata air disebabkan karena banyak terdapat sampah yang bersumber dari sisa-sisa tumbuhan, sisa-sisa makanan, dan bangkai hewan kecil. Faktor-faktor tersebut merupakan subtrat utama tumbuhnya bakteri Coliform.
Kata Kunci : Sumber Mata Air, Kualitas Air, Sifat Kimia, Sifat Biologi
ABSTRACT
This study is investigates the water quality from water spring in Dusun Padangtebel, Desa Peguyangan Kaja Denpasar. This study might be help the Dusun Paangtebel’s urban in exploited the water source as fine drinking water. The aims of this study is to know the water quality from water spring by observing chemical and biology characteristic. This study is descriptive study which is aim to describe the research object through sample data or population in there, without analysis and made conclusion which is occur for the public. Data collected method in this study is observation method by direct observe to the research object. The result from this research is the water quality from water source after comparing the parameter which have been analyzed by standard quality of drinking water based on Peraturan Mentri Kesehatan No. 492/Menkes/Per/IV/2010 on 19 April 2010 and Peraturan Pemerintah No. 82 about conditions of drinking water quality, showed that the result of water source have not been up to standard as drinking water. It caused by the water contain more than optimum value Coliform bacterium that permitted by Permenkes and Peraturan Pemerintah No. 82 Tahun 2001. The water that contains Coliform bacterium in water source sample caused by there are rubbish from leaves, pigswill, and carcass. These factors is main subtract to grow Coliform bacterium.
Keywords : Water Source, Water Quality, Chemical Characteristic, Biology Characteristic

Article Details

How to Cite
Dharmadewi, A. A. I. M., & Apriana, I. M. (2019). Analisis Kualitas Air pada Sumber Mata Air Di Dusun Paangtebel Desa Peguyangan Kaja Denpasar Ditinjau dari Aspek Kimia dan Biologi. Jurnal Media Sains, 3(2). Retrieved from http://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jms/article/view/961
Section
Articles

References

Andriani Galuh, M.Kes. (2015). Hidup Sehat dengan Terapi Air. Klaten, Penerbit Abata Press.

Astari, R., IqbaI, R. (2016). Kualitas Air dan Kinerja Unit Pengolahan di InstalasiPengolahan Air Minum ITB. Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan Institut Teknologi Bandung. Diakses pada tanggal 29 Desember 2016.

Dewi, P., D., N. P. (2014). Kualitas Air Minum Isi Ulang Ditijau Dari Bakteri Escherichia coli Dan Bakteri Coliform Di Kecamatan Denpasar Barat.

Ghisi, E., Davi, D., F., Vinicius, L., R., Tavares. (2009). Rainwater harvesting inpetrol stations in Brasilia: Potential for potable water saving and investment feasibility ana

Handoyo, K. (2014). Kasiat dan Keajaiban Air Putih. Jakarta Timur, Penerbit Dunia sehat.

Suardika, I. N. (2016). Kualiatas Air Hujan Yang Ditampung Pada Bak Penapungan Air Di Desa Belancan, Kintamani, Bangli Ditinjau Dari Sifat Kimia Dan Sifat Biologis.

Susanto. (2013). Keajaiban Terapi Air Putih. Yogyakarta, Penerbit Buku Pintar.