Perbedaan Trait Callous Unemotional pada Remaja Putra dan Remaja Putri Siswa SMK di Wonosobo

Main Article Content

Theodora Betsy Ersyara
Wahyuni Kristinawati

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan trait callous unemotional pada remaja ditinjau dari jenis kelamin. Trait callous unemotional dapat diartikan sebagai sebuah kepribadian yang di dalamnya terdapat kekurangan empati, kurangnya rasa bersalah dan belas kasihan, dan kurangnya pengertian mengenai dampak negatif dari hal-hal yang diperbuat. Partisipan penelitian ini adalah siswa SMK di kota Wonosobo yang memiliki rentang usia 15-18 tahun yang berjumlah 120 remaja terdiri dari 60 remaja laki-laki dan 60 remaja perempuan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan ICU Youth Scale yang diadaptasi dari Frick. Berdasarkan uji perbedaan diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan signifikan trait callous unemotional remaja antara laki-laki dan perempuan. Dengan hasil bahwa remaja laki-laki memiliki tingkat trait callous unemotional yang lebih tinggi daripada remaja perempuan.
Kata kunci: callous unemotional, jenis kelamin, trait
Abstract. This research aims to examine the difference in the callous-unemotional trait in adolescents reviewed from gender. Callous-unemotional Trait can be interpreted as a personality in which there is a lack of empathy, lack of guilt and compassion, and lack of understanding of the negative effects of things made. The participants of this research are vocational high school students in Wonosobo city which has a range of 15-18 years with 120 teenagers consisting of 60 teenage boys and 60 teenage girls. The sampling techniques used in this study are simple random sampling. The measuring instruments used in this study used the Youth Scale-adapted ICU from Frick. Based on the test the differences obtained results that there is a significant distinction of the callous-unemotional trait of an adolescent between males and females. With the results that young men have a higher level of a callous-unemotional trait than teenage girls.
Keyword: gender, trait callous unemotional

Article Details

How to Cite
Ersyara, T. B., & Kristinawati, W. (2020). Perbedaan Trait Callous Unemotional pada Remaja Putra dan Remaja Putri Siswa SMK di Wonosobo. JURNAL PSIKOLOGI MANDALA, 3(2). https://doi.org/10.36002/jpm.v3i2.1096
Section
Articles