Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Buku Ajar Fisika Berbasis Contextual Teaching and Learning terhadap Prestasi Belajar Fisika

Pande Putu Agus Santoso, Luh Putu Ayu Widiari, Kadek Listuayu

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar fisika, (2) hubungan antara buku ajar dengan prestasi belajar fisika, (3) Hubungan antara Motivasi Belajar dan Buku Ajar Fisika dengan Prestasi Belajar Fisika Mahasiswa. Penelitian ini mengambil lokasi di STMIK STIKOM BAli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ialah seluruh mahasiswa sistem komputer STMIK STIKOM Bali yang memprogram mata kuliah fisika, sejumlah 144 mahasiswa. Sampel diambil dengan teknik cluster sampling sejumlah 100 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan analisis statistik dengan teknik regresi ganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) hipotesis 1 “Ada hubungan yang cukup signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar fisika mahasiswa sistem komputer STMIK STIKOM Bali Tahun Pelajaran 2017/2018”, diterima. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan rx1y = 0,144 dan ρ = 0,150. (2) hipotesis 2 “Ada hubungan yang sangat signifikan antara buku ajar fisika dengan prestasi belajar fisika mahasiswa sistem komputer STMIK STIKOM Bali Tahun Pelajaran 2017/2018”, diterima. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan rx2y = 0,290 dan ρ = 0,004. (3) hipotesis 3 “Ada hubungan yang sangat signifikan antara motivasi belajar dan buku ajar fisika dengan prestasi belajar fisika mahasiswa sistem komputer STMIK STIKOM Bali Tahun Pelajaran 2017/2018”, diterima. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan Ry(x1,2) = 0,309 dan ρ = 0,008.
Kata kunci: Motivasi Belajar, Buku Ajar, Prestasi Belajar Fisika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.