Studi Deskriptif Kesiapan Masuk Sekolah Dasar Siswa TK B di PAUD SCB

Main Article Content

. Wiriana

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kesiapan siswa TK
B masuk ke sekolah dasar ditinjau dari hasil tes N.S.T (Nijmeegse
Schoolbekwaamheids Test). Manfaat dari penelitian ini dapat menjadi
masukan bagi sekolah maupun guru kelas dalam mengevaluasi kurikulum
dan memberikan gambaran kesiapan siswa-siswa di TK B di sekolah dasar.
Subyek dalam penelitian ini adalah 24 siswa dan siswi kelas TK B di PAUD
SCB. Alat ukur yang dipakai adalah Nijmeegse Schoolbekwaamheids Test
yang diciptakan oleh Monks, Rost, dan Coffie dan terdiri dari sepuluh aspek
kesiapan sekolah. Analisis data yang digunakan adalah statistik sederhana
berupa tabulasi frekuensi. Untuk memperkuat dan meyakinkan hasil
penelitian hasil tabulasi data dicek dengan observasi guru terhadap prestasi
belajar siswa. Tes ini menetapkan tiga standar yaitu siap masuk sekolah,
ragu-ragu, dan belum siap masuk sekolah. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa 79% siswa siap masuk ke Sekolah Dasar dengan rata-rata skor
Kesiapan Masuk Sekolah sebesar 97,54%. Siswa yang ragu-ragu untuk
melanjutkan ke Sekolah Dasar sebesar 13% dan hanya 8% siswa yang tidak
siap melanjutkan ke Sekolah Dasar. Dari 10 aspek tes N.S.T, ada 3 aspek
yang perlu mendapatkan perhatian adalah (1) aspek sosialisasi yang diwakili
oleh tugas menggambar orang. (2) Aspek persiapan berhitung yang diwakili
oleh tugas pengertian tentang besar jumlah da perbandingan. (3) Aspek
pemahaman akan norma dan situasi sosial praktis yang diwakili oleh tugas
Pengertian tentang objek dan penilaian terhadap situasi.
Kata kunci: Tes Kesiapan Masuk Sekolah Dasar, Nijmeegse
Schoolbekwaamheids Test (N.S.T)

Article Details

How to Cite
Wiriana, . (2019). Studi Deskriptif Kesiapan Masuk Sekolah Dasar Siswa TK B di PAUD SCB. JURNAL PSIKOLOGI MANDALA, 2(2). https://doi.org/10.36002/jpm.v2i2.919
Section
Articles