Pelatihan Konten E-Commerce bagi Kelompok Kerajinan Bambu Dusun Dasan Bare untuk Menyongsong Era Digital Market

Main Article Content

Jian Budiarto
Syahroni Hidayat
Ahmad Ashril Rizal

Abstract

Tujuan dilaksanakannya Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Kelompok Kerajinan Bambu Dasan Bare adalah untuk meningkatkan kegiatan ekonomi di tempat tersebut. Semakin meningkatnya jumlah pengguna teknologi internet sebagai media informasi saat ini dapat menjadi peluang bagi penjual agar berbondong-bondong untuk melakukan penjualan secara online. Pada umumnya pengusaha UKM sudah mulai menerapkan e-commerce karena banyaknya manfaat yang diperoleh oleh pengusaha dari e-commerce. Meskipun demikian penerapan e-commerce juga memiliki hambatan. Faktor-faktor penghambat tersebut di antaranya sumber daya yang kurang mampu untuk bersaing dalam dunia teknologi, kurangnya informasi mengenai e-commerce, kebiasaan masyarakat Indonesia yang melihat dan merasakan secara langsung apa yang dibeli, keamanan transaksi dan lainnya. Oleh karena itu, sangat perlu dilakukan pelatihan penggunaan e-commerce bagi pengusaha UKM kerajinan agar dapat melakukan promosi penjualan yang lebih efektif dan efisien. Sehingga, permasalahan seperti peningkatan pengetahuan mengenai teknologi informasi oleh UKM, aplikasi website yang kurang menarik dan penyiapan konten (teks dan gambar) dapat diatasi. Metode pelaksanaan dari kegiatan PKM dilaksanakan melalui tahap persiapan, pelaksanaan pelatihan, penyajian materi, penugasan praktik, evaluasi dan editing konten e-commerce hingga refleksi dan penutupan program.
Kata kunci: e-commerce, kerajinan bambu-rotan, Lombok
ABSTRACT
The aim of Public Partnership Program for bamboo craftsman in Dasan Bare is to improve economic activity. Nowadays, online transactions to selling their product is increasing. Seller has been implement e-commerce to promote their product. Some factor to restrict implementation of e-commerce is the people don’t have enough information how to use e-commerce. So that, we propose to give training how to prepare content and using e-commerce application. This training using some effective methods such as preparing tools, preparing content, training application, practical task, evaluation and editing ecommerce virtual shop.
Keywords: e-commerce, bamboo-rattan crafts, Lombok

Article Details

How to Cite
Budiarto, J., Hidayat, S., & Rizal, A. A. (2020). Pelatihan Konten E-Commerce bagi Kelompok Kerajinan Bambu Dusun Dasan Bare untuk Menyongsong Era Digital Market. Paradharma (Jurnal Aplikasi IPTEK), 3(2). https://doi.org/10.36002/jpd.v3i2.1045
Section
Articles