PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN SEBAGAI SOLUSI MENINGKATKAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA HOTEL DI KABUPATEN BADUNG

Main Article Content

Ni Luh Redianis
Anak Agung Bagus Mutiara Arsana Putra
Rosvita Flaviana Osin

Abstract

ABSTRACT
The world of tourism especially in Bali becomes one of the charms for job applicants, a career in the world of tourism is very promising for those who plunge in this. One of them is a hotel that will provide accommodation for travelers. Hotel is a company that provides room service, providing food, drinks and so on. Improving good service certainly requires human resources (HR) reliable. Given the many needs of tourists to fulfill. The aim of the research is to provide information on the employee's performance so that it can be a guideline for all hotels in Bali to improve Hotel service performance. Because the company/hotel that provides services to the guests, employees are required to be able to provide the best service, and satisfaction to the guests who stay. Leadership partially affects the performance of Hotel Kayawan in Badung regency. Based on a description of multiple linear regression test results obtained the result that the magnitude of the significance of the leadership variables (X1) is 0.000 < ʌ 0.05. The training has been partially significant to the performance of the hotel in Badung Regency. Based on the results of the T test, the responsiveness of the response indicates a value of 0.006 > 0.05 so that the training has significant effect on the performance of Leadership and training in unison has an effect on the performance of the hotel Kayawan in Badung regency. The value of F Sig addresses the number 0.000, meaning that the value is smaller compared to the value according to α 0.05 requirements thus the leadership and performance variables are significant to the performance of Hotel Employees in Badung regency.
Keywords: leadership, training, employee performance
ABSTRAK
Dunia Pariwisata khususnya di Bali menjadi salah satu daya tarik bagi pelamar kerja, berkarir dalam dunia pariwisata sangatlah menjanjikan bagi mereka yang terjun dalam hal ini. Salah satunya adalah hotel yang akan menyediakan akomodasi bagi wisatawan. Hotel adalah perusahaan yang menyediakan jasa layanan kamar, menyediakan makanan, minuman dan lain sebagainya. Meningkatkan pelayanan yang baik tentunya memerlukan Sumber Daya Manusia (SDM) handal. Mengingat banyaknya kebutuhan wisatawan yang harus dipenuhi. Tujuan penelitian adalah memberikan informasi terhadap kinerja karyawan sehingga dapat menjadi pedoman bagi seluruh Hotel di Bali agar dapat meningkatkan kinerja pelayanan Hotel. Karena perusahaan/hotel yang memberikan jasa pelayanan pada para tamu, maka pegawai dituntut untuk dapat memberikan pelayanan dengan sebaik-baiknya, serta kepuasan kepada tamu-tamu yang menginap. Kepemimpinan secara parsial berpengaruh terhadap kinerja kayawan hotel di kabupaten Badung. Berdasarkan uraian pada hasil uji regresi linear berganda diperoleh hasil bahwa besarnya probabilitas signifikansi variabel kepemimpinan (X1) adalah 0.000 < ɑ 0.05. Pelatihan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja kayawan hotel di kabupaten Badung. Berdasarkan hasil uji t, dimensi daya tanggap menunjukkan nilai 0,006 > 0,05 sehingga menjelaskan bahwa pelatihan berpengaruh signifikan terhadap kinerja kayawan hotel di kabupaten Badung. Kepemimpinan dan pelatihan secara serempak berpengaruh terhadap kinerja kayawan hotel di Kabupaten Badung. Nilai sig F menujukan angka 0,000, artinya nilai tersebut lebih kecil jika dibandingkan dengan nilai sesuai ketentuan α 0,05 dengan demikian variabel kepemimpinan dan kinerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan hotel di Kabupaten Badung.
Kata kunci: Kepemimpinan, Pelatihan, Kinerja Karyawan

Article Details

How to Cite
Redianis, N. L., Putra, A. A. B. M. A., & Osin, R. F. (2020). PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN SEBAGAI SOLUSI MENINGKATKAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA HOTEL DI KABUPATEN BADUNG. Jurnal Ekonomi Dan Pariwisata, 15(1). Retrieved from http://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/pariwisata/article/view/1072
Section
Articles