ANALISIS SIKAP KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN PRODUK PERAK PADA FA.SUARDANA CELUK SUKAWATI GIANYAR

Main Article Content

endra puniawan

Abstract

ABSTRACT
The development of silver art shop in Celuk-Gianyar significantly high because most of
the people produce silver handicrafts. The producing of silver handicrafts in that area give an
effective influences for domestic or international visitors. Those statement based on fact that
there are positive responses from the customers about to the brand, quality of product services,
product selections and the product appearances.Those positive responses proofed by chi-
squared analysis (X2) which state that the customers that bought any silver handicraft in Fa.
Suardana, both domestic and international visitor in fact come to that art shop affected by the
silver handicraft itself.
The analysis technique that applied in this writing is quantitative analysis technique.
Every facts and data compiled by the number’s structure and the statistic model that applied in
this writing is chi-squared analysis (X2) followed by hypothesis testing. The aim of the writing is
to identifying any problems that appears in customer act towards the process of silver product
purchased in Fa. Suardana, Celuk, Sukawati-Gianyar.
The writing result conclude that there were not any significant differences between
customers act of domestic and international visitor toward the process of silver product
purchased in Celuk mainly in Fa. Suardana.
Keywords: customer act, silver product, small industry, purchased decision


ABSTRAK
Di daerah celuk – Gianyar pertumbuhan art shop perak sangat tinggi karena rata-rata
mata pencaharian masyarakat disana menghasilkan kerajinan tangan dari perak. Produk perak di
celuk Sukawati mampu memberi dampak yang cukup berarti terhadap sikap konsumen yang datang
baik wisatawan Asing maupun Domestik.Hal ini dapat dilihat dari tanggapan konsumen terhadap
produk perak melalui merk, kualitas pelayanan produk, pilihan produk dan penampilan produk yang
sebagian besar menyatakan tanggapan positif.Tanggapan positif ini dapat dibuktikan melalui
analisis chi kuadrat(X2 ), yang mana dapat dikatakan bahwa konsumen yang datang membeli perak
di Fa.Suardana baik wisatawan Asing maupun Domestik secara nyata di pengaruhi oleh produk
perak tersebut.
Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis kuantitatif yang mana menafsirkan
setiap fakta atau data yang telah dikumpul dengan menggunakan struktur bilangan dan model
statistik yang digunakan adalah analisis chi square atau chi kwadrat (X2) yang dilanjutkan dengan
pengujian hipotesis. Ada pun tujuan dari penelitian ini untuk mengindentifikasi permasalahan yang
dihadapi khususnya mengenai sikap konsumen terhadap pembelian produk perak di Fa. Suardan
Celuk Sukawati Gianayar.
Hasil dari penelitian ini memberi kesimpulan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan
antara sikap wisatawan mancanegara maupun Wisatwan nusantara terhadap pembelian produk
perak di celuk terutama di Fa.Suardana.
Keyword: Sikap Konsumen, Produk perak,Industri kecil dan Keputusan pembelian.

Article Details

How to Cite
puniawan, endra. (2016). ANALISIS SIKAP KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN PRODUK PERAK PADA FA.SUARDANA CELUK SUKAWATI GIANYAR. Jurnal Ekonomi Dan Pariwisata, 11(1). Retrieved from http://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/pariwisata/article/view/121
Section
Articles