PERAN MODERASI PENDAPAT ORANG TUA ANTARA PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN SISWA MEMILIH SMK DUTA BANGSA DENPASAR

Main Article Content

Pande Gede Mahendra Sila
Luh Komang Candra Dewi
Ni Luh Sili Antari

Abstract

ABSTRACT
The research conducted at SMK Duta Bangsa Denpasar, aims to find out the influence of the marketing mix on students' decisions in choosing SMK Duta Bangsa Denpasar, the influence of parental opinion on student decisions in choosing Denpasar National Ambassador Vocational School, and moderation of parental opinion on the influence of marketing mix on student decisions to choose SMK Duta Bangsa Denpasar. The population is all students of SMK Duta Bangsa Denpasar numbering 90 people. The number of samples is equal to the population, while sampling techniques use total sampling, because using the number of samples is equal to the population. Technical data analysis uses descriptive analysis and inferential analysis. In this study, hypothesis testing was conducted using a variance based or component based approach with partial least square warp (PLS). The results showed that the marketing mix had a positive and significant effect on the decision of students to choose SMK Duta Bangsa Denpasar. The opinion of parents has a positive and significant influence on the decision of students to choose smk Duta Bangsa Denpasar. However, the moderation of parental opinion has no effect on the marketing mix and the decision of students to choose SMK Duta Bangsa Denpasar.
Keywords: marketing mix, student decisions, parental opinions, choosing a school, vocational school
ABSTRAK
Penelitian yang dilakukan di SMK Duta Bangsa Denpasar, bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran (marketing mix) terhadap keputusan siswa dalam memilih SMK Duta Bangsa Denpasar, pengaruh pendapat orang tua terhadap keputusan siswa dalam memilih SMK Duta Bangsa Denpasar, dan moderasi pendapat orang tua pada pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan siswa memilih SMK Duta bangsa Denpasar. Populasi adalah seluruh siswa SMK Duta Bangsa Denpasar sejumlah 90 orang. Jumlah sampel sama dengan populasi, sedang teknik sampling menggunakan total sampling, karena menggunakan jumlah sampel sama dengan populasi. Teknis analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Dalam penelitian ini, pengujian hipotesis dilakukan menggunakan pendekatan variance based atau component based dengan warp Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan siswa memilih SMK Duta Bangsa Denpasar. Pendapat orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan siswa memilih SMK Duta Bangsa Denpasar. Namun moderasi pendapat orang tua tidak berpengaruh pada bauran pemasaran dan keputusan siswa memilih SMK Duta Bangsa Denpasar.
Kata Kunci : bauran pemasaran, keputusan siswa, pendapat orang tua, memilih sekolah, SMK

Article Details

How to Cite
Sila, P. G. M., Candra Dewi, L. K., & Antari, N. L. S. (2021). PERAN MODERASI PENDAPAT ORANG TUA ANTARA PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN SISWA MEMILIH SMK DUTA BANGSA DENPASAR. Jurnal Ekonomi Dan Pariwisata, 16(2). Retrieved from http://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/pariwisata/article/view/1500
Section
Articles