Ananlisis Tingkat Kepuasan Tamu Terhadap Pelayanan Pramusaji Di Sunset Restaurant Pada Hotel Puri Raja Di Legian, Kuta - Bali

Main Article Content

GN Joko Adinegara
Ni Komang Pradnya Yanti
Ni Made Erpia Ordani Astuti

Abstract

Hotel Puri Raja merupakan hotel berbintang yang memiliki sebuah restoran yanberadadi pinggir pantai yang bernam Sunset Restaurant. Restaurant ini menawarkan nuansyang nyaman dan menyenangkan karena langsung berhadapan dengan pantai. Persaingan restoradi sekitar pantai Padma, Kuta yang sangat ketat, oleh karena itu pelayanan yang baik dan dapamemberikan kepuasan kepada tamu yang datang merupakan hal yang perlu diberikan kepadtamu. Manajamen harus dapat memberikan jaminan kepuasan kepada tamu dalam rangkamempertahankan pelanggan yang datang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalabagaimanakah tingkat kepuasan tamu terhadap pelayanan pramusaji di Sunset ResataurantKemudian yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasatamu terhadap pelayanan pramusaji di Sunset Restaurant.Kualitas pelayanan merupakan suatindikator yang erat kaitannya dalam menentukan kepuasan tamu. Salah satu faktor yanmenentukan kepuasan tamu adalah persepsi mengenai kualitas jasa yang berfokus pada limdimensi yakni:bukti langsung, keandalan, jaminan, daya tanggap, dan empati. Pencapaian tingkat kepuasan dapat dinilai yaitu setelah tamu merasakan dan mendapatkan pelayanan selama beraddi restoran.  
Kuesioner yang diperoleh sebanyak 66 responden, dan dengan skala likert 5, diperoleh kesimpulan bahwa pada variabel bukti langsung dengan klasifikasi sangat puas, untuk variabel
keandalan dengan klasifikasi sangat puas, untuk variabel jaminan dengan klasifikasi sangat puas, untuk variabel daya tanggap dengan klasifikasi sangat puas, dan untuk variabel empati dengan klasifikasi sangat puas. Dengan demikian, tingkat kepuasan tamu terhadap pelayanan pramusaji di Sunset Restaurant memperoleh klasifikasi sangat puas.
 Berdasarkan hasil kesimpulan tersebut dapat dilihat untuk masing-masing variabel memperoleh klasifikasi sangat puas dengan kriteria yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pramusaji diharapkan untuk selalu mempertahankan dan meningkatan mutu kualitas pelayanan sehingga dapat meningkatkan kepuasan tamu yang makan dan minum di Sunset Restaurant. Pihak manajemen diharapkan selalu memberikan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan paramusaji baik itu dalam berbahasa asing sehingga kemampuan berkomunikasi dapat ditingkatkan dalam rangka memudahkan dalam memberikan pelayanan dan meningkatkan kualitas pelayanan guna terciptanya kepuasan tamu.

Kata Kunci: kualitas pelayanan, kepuasan, restoran.

Article Details

How to Cite
Adinegara, G. J., Yanti, N. K. P., & Ordani Astuti, N. M. E. (2016). Ananlisis Tingkat Kepuasan Tamu Terhadap Pelayanan Pramusaji Di Sunset Restaurant Pada Hotel Puri Raja Di Legian, Kuta - Bali. Jurnal Ekonomi Dan Pariwisata, 10(2), 1–11. Retrieved from http://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/pariwisata/article/view/2
Section
Articles

References

Bali Dalam Angka 2014. Badan Pusat Statistik Bali. Denpasar

Cronin, J. J., & Taylor, S. A. 1992. Measuring Service Quality; A Re-Examination And Extension.

The Journal of Marketing, Vol. 56, Number 3, p.55-68.

Douglas, L. & Connor, R. 2003. Attitudes To Service Quality- The Expectation Gap, Nutrition & Food Science, Vol. 33 Number 4, p.165-172.

Engel J.F. 1990.Cunsomer Behavior. 6th Edition. Chicago. The Dryden Press.

Eshghi, A., Roy, S. K., & Ganguli, S. 2008. Service Quality And Customer Satisfaction: An

Empirical Investigation In Indian Mobile Telecommunications Services, Marketing Management Journal, Vol 18, Number 2, p. 119-144.

Edvardsson, Bo (1998). Service Quality Improvement, Managing Service Quality, Vol.8. No. 2, p. 142-149.

Giese, J. L., & Cote, J. A. 2002. Defining Consumer Satisfaction, Academy of Marketing Science, Vol. 2000, Number 1, p.1-24.

Ghylin, K.M., Green, B. D., Drury, C. G., Chen, J., Schultz ,J.L., Uggirala, A., Abraham, J.K. & Lawson, T.A. 2006. Clarifying The Dimensions Of Four Concepts Of Quality, Theoretical Issues in Ergonomics Science, Vol. 9, No.1, p.73-94.

Kotler et el., 2003. Marketing for Hospitality and Tourism. 3rd Edition, Prentice HallNew Jersey.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Erlangga – Jakarta.

Negi, R. (2009). Determining Customer Satisfaction Through Perceived Service Quality: A Study ofEthiopian Mobile Users, International Journal of Mobile Marketing; Vol.4, Number 1; p.31-38.

Parasuraman, A., Berry, Leonard L, and Zeithaml, Valarie A. 1985. “A Conceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Research”. Journal of Marketing, Vol;.

(Fall), pp. 41-50.

Parasuraman, A., Berry, Leonard L, and Zeithaml, Valarie A. 1988, “SERVQUAL: AMultiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality”. Journal of Retailing, Vol;. 64 (Spring), pp. 12-40.

Rangkuti, Freddy.2002. Measuring Customer Satisfaction. PT Gramedia Pustaka Utama,

Jakarta.

Supranto., J. 1997. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar.

Rineka Cipta – Jakarta.

Schnaars, S.P. 1991Marketing Strategy: A Customer-Driven Approach. New York. The Free

Press.

Tijptono, F., dan Chandra, G. 2005. Service, Quality and Satisfaction. Andi Yogyakarta.

Wicks, A. M., & Roethlein, C. J. 2009. A Satisfaction-Based Definition of Quality Journal of

Business & Economic Studies, Vol. 15, No. 1, Spring 2009, 82-97.

Zeithaml, V. A., A. Parasuraman, and L. L. 1996. Berry. Delivering Quality Service: Balancing

Customer Perceptions and Expectations. New York: The Free Press.