ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN JASA PERHOTELAN PADA BEBERAPA HOTEL BINTANG LIMA KUTA - BADUNG

Main Article Content

I Ketut Sirna
I Wayan Ruspendi Junaedi

Abstract

ABSTRACT
This study aims to (1) Identify and analyze internal environmental factors owned by Five Star Hotels, (2) Identify and analyze external environmental factors faced by Five Star Hotels, (3) Formulate and choose appropriate alternative marketing services for Five Star Hotels, based on analysis. The data used in this study consisted of two types, namely primary data and secondary data. The analysis in this study begins by identifying the company's internal and external environmental factors. The strategy formulation is carried out through three stages of implementation. The first stage is the input stage (the input stage) using IFE and EFE matrices. The second stage is the matching stage (using the SWOT matrix). Based on the SWOT matrix analysis.The third stage is the decision stage (the decision stage) by using AHP to set priorities for the right marketing strategy for the company. The tool used was the Microsoft Excel 2010 computer program. The results showed that the five-star hotel in Kuta Bali was in an internal strategy position of 3.62 and an external strategy of 3.51 meant that it could still increase sales and productivity of the hotel was still good.
Keywords : Internal Factor Analysis, External Factor Analysis, Marketing Strategy.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor lingkungan internal yang dimiliki Hotel Bintang Lima, (2) Mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor lingkungan eksternal yang dihadapi Hotel Bintang Lima, (3) Merumuskan dan memilih alternatif strategi pemasaran jasa yang tepat bagi Hotel Bintang Lima, berdasarkan analisis. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua jenis, yaitu data primer dan data sekunder. Analisis dalam penelitian ini dimulai dengan mengidentifikasi faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Perumusan strategi dilakukan melalui tiga tahap pelaksanaan. Tahap pertama adalah tahap masukan (the input stage) dengan menggunakan matriks IFE dan EFE. Tahap kedua adalah tahap pencocokan (the matching stage) dengan menggunakan matriks SWOT. Berdasarkan analisis matriks SWOT, Tahap ketiga yaitu tahap pengambilan keputusan (the decision stage) dengan menggunakan AHP untuk menetapkan prioritas strategi pemasaran yang tepat bagi perusahaan. Alat bantu yang digunakan adalah program komputer Microsoft Excel 2010. sehingga dari hasil tersebut menunjukkan hotel bintang lima di kuta Bali ada pada posisi internal strategi 3,62 dan external strategi 3,51 artinya masih bisa meningkatkan penjualan dan produktivitas hotel masih baik.
Kata Kunci: Analisa Faktor Internal, Analisa Faktor External, Strategi Pemasaran.

Article Details

How to Cite
Sirna, I. K., & Junaedi, I. W. R. (2019). ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN JASA PERHOTELAN PADA BEBERAPA HOTEL BINTANG LIMA KUTA - BADUNG. Jurnal Ekonomi Dan Pariwisata, 14(2). Retrieved from http://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/pariwisata/article/view/756
Section
Articles