PENERAPAN PEMBELAJARAN CAMPURAN DAN KONTEN BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI INSTAGRAM DI KAMPUNG INGGRIS PARE

Main Article Content

Ni Luh Putu Krisma Dewi
Ester Tande
Putu Chris Susanto
Ni Made Diana Erfiani

Abstract

ABSTRAK
Pada era digital, teknologi dapat dijadikan alat untuk membantu proses pendidikan sebagai inovasi untuk belajar bahasa inggris yang dilakukan oleh Kampung Inggris untuk mencapai tujuan praktis dalam pembentukan pengetahuan melalui media sosial Instagram. Penelitian ini bertujuan mencari konten untuk mempelajari bahasa inggris di Instagram kampung inggris dan mengetahui tingkat pembentukan pembelajaran campuran yang dilakukan oleh kampung inggris. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan melakukan oberservasi 2 akun Instagram kampung inggris, membuat data statistik dari jumlah suka, komentar, tayangan dan observasi kegiatan pembelajaran di website kampung inggris selanjutnya dikategorikan ke setiap model S/A/M/R. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data statistik di 2 Instagram kampung inggris, Pola kosakata (vocabulary) sebagai konten pembelajaran bahasa inggris dengan engagement tertinggi dari 4 pola lainnya yaitu kategori foto berjumlah 1.876 dan video berjumlah 2.377 dengan rata-rata 5.709 suka, 250 komentar dan 44.086 kali tayangan. Analisa terhadap S/A/M/R menunjukan bahwa pembentukan pembelajaran campuran masih pada tingkatan Substitusi dengan menggunakan sarana yang berbeda dalam proses pembelajaran, tingkat Augmentasi menggunakan Instagram sebagai alat alternatif mendukung pembelajaran di kelas sedangkan pada tingkat Modifikasi dan Redifinisi belum adanya pembentukan yang ditemukan. Maka dari itu, peneliti memberikan strategi-strategi yang dapat digunakan kampung inggris untuk mencapai tingkat modifikasi dan redifinisi.
Kata kunci: Model SAMR, Instagram, Pembelajaran Campuran.

Article Details

How to Cite
Dewi, N. L. P. K., Tande, E., Susanto, P. C., & Erfiani, N. M. D. (2021). PENERAPAN PEMBELAJARAN CAMPURAN DAN KONTEN BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI INSTAGRAM DI KAMPUNG INGGRIS PARE. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 3. https://doi.org/10.36002/snts.v0i0.1229
Section
Articles