QAR : STRATEGI UNTUK MENGAJARKAN PEMAHAMAN MEMBACA TEKS BAHASA INGGRIS DI SMP ANUGRAH DENPASAR

Main Article Content

I Gusti Nyoman Putra Kamayana

Abstract

Abstrak
Strategi – strategi dalam mengajar siswa untuk menjawab pertanyaan dalam bahasa Inggris
adalah suatu bagian penting dari instruksi pemahaman. Kegagalan para siswa dalam memahami
teks adalah itu karena salah memahami pertanyaan dan bagaimana hubungan pertannyaan
dengan jawaban. QAR adalah strategi memahami bacaan yang digunakan dalam membaca teks
fiksi dan nonfiksi. Hal ini adalah suatu keterampilan yang berharga yang harus dimiliki oleh semua
siswa, terutama para pembaca yang kesulitan dalam memahami teks. QAR membantu siswa
dalam menghubungkan pengetahuan sebelumnya dengan informasi teks. Hal ini menjadi proses
kesadaran siswa terlibat aktif ketika membaca teks, terutama dalam memilih bacaan bahasa
Inggris yang sulit. Dengan strategi ini siswa memahami akan adanya hubungan antara pertanyaan
dan jawaban. Siswa akan mulai memahami dari mana jawabannya berasal dan dengan demikian
lebih mampu menjawab pertanyaan dengan benar. Makalah ini mengungkapkan model alternatif
untuk mengajar dalam pemahaman membaca yang menggunakan strategi QAR. Semoga, akan
bermanfaat bagi guru bahasa Inggris yang melatih siswa untuk membaca dan menghadapi
implementasi kurikulum 2013 di SMP.Anugrah.
Kata-Kata Kunci : Hubungan tanya-jawab, pemahaman bacaan.

Article Details

How to Cite
Kamayana, I. G. N. P. (2021). QAR : STRATEGI UNTUK MENGAJARKAN PEMAHAMAN MEMBACA TEKS BAHASA INGGRIS DI SMP ANUGRAH DENPASAR. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 3. https://doi.org/10.36002/snts.v0i0.1253
Section
Articles