PELIBATAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Main Article Content

Putu Indah Lestari
Elizabeth Prima

Abstract

ABSTRAK
Pendidikan anak usia dini berupaya untuk memfasilitasi pertumbuhkan dan perkembangan anak
secara holistik, menekankan perkembangan seluruh aspek kepribadian anak. Pendidikan anak usia
dini dikondisikan dalam suasana belajar aktif, kreatif dan menyenangkan melalui beragam model
permainan, berorientasi pada kebutuhan anak, kegiatan pembelajaran dilakukan dengan cara
bermain sambil belajar. Pelaksanaan fungsi edukasi keluarga pada dasarnya merupakan salah satu
tanggung jawab orang tua terhadap anak-anaknya. Ibu memiliki kesempatan yang besar untuk
terlibat dalam pendidikan anak dimulai sejak dalam kandungan. Tingkat pendidikan orang tua
berhubungan dengan keterlibatan orang tua dalam pendidikan dan pengasuhan anak. Kegiatan
keterlibatan orang tua dalam pendidikan akan sangat dipengaruhi oleh berbagai hal antara lain
faktor individu orang tua, faktor anak, faktor orang tua dan guru, serta faktor sosial dan ekonomi.
Orang tua dapat menjadi guru yang efektif karena mereka banyak mengetahui tentang apa yang
diperkirakan sedang diajarkan oleh sekolah, serta apa yang perlu mereka lakukan sebagai
lanjutannya di rumah.
Kata kunci: pendidikan, pelibatan orang tua, anak usia dini

Article Details

How to Cite
Lestari, P. I., & Prima, E. (2021). PELIBATAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 3. https://doi.org/10.36002/snts.v0i0.1258
Section
Articles