DETERMINASI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KOMPETENSI GURU, TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMK PRATAMA WIDYA MANDALA BADUNG

Main Article Content

I Gusti Ayu Ika Monika
Erpia Ordani Astuti
I Ketut Suartana

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui determinasi kepemimpinan kepala sekolah,
kompetensi guru terhadap motivasi belajar siswa kelas XI di SMK Pratama Widya Mandala Badung.
Penelitian ini menggunakan desain "ex post facto". Populasi serta sampel penelitian ini adalah
sebagian siswa kelas XI kuliner di SMK Pratama Widya Mandala Badung, yang berjumlah 72 orang.
Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Data
kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi guru dan motivasi belajar siswa dikumpulkan dengan
kuesioner menggunakan skala Likert 1-5. Setelah data dikumpulkan, data kemudian dianalisis
menggunakan analisis regresi sederhana, regresi berganda dan korelasi parsial. Penelitian ini
dirumuskan hipotesis sebagai berikut; 1). terdapat determinasi yang signifikan kepemimpinan
kepala sekolah terhadap motivasi belajar siswa, 2). terdapat determinasi yang signifikan
kompetensi guru terhadap motivasi belajar siswa, 3). terdapat determinasi yang signifikan secara
bersama-sama antara kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi guru terhadap motivasi belajar
siswa.
Kata kunci: kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi guru dan motivasi belajar

Article Details

How to Cite
Monika, I. G. A. I., Astuti, E. O., & Suartana, I. K. (2021). DETERMINASI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KOMPETENSI GURU, TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMK PRATAMA WIDYA MANDALA BADUNG. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 3. https://doi.org/10.36002/snts.v0i0.1259
Section
Articles