PEMBELAJARAN AKTIF DI MASA PANDEMI

Main Article Content

Elizabeth Prima
Putu Indah Lestari

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran aktif pada anak usia dini di masa pandemi
dengan pemberian reward melalui penerapan token economy. Jenis penelitian ini adalah Quasi
Experimental Design dengan rancangan nonequivalent control group design. Pada penelitian ini
penentuan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dilakukan secara acak terhadap kelas yang
ada. Ada dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, satu mendapatkan
perlakuan dan satu kelompok kontrol, keduanya memperoleh pre-test dan post-test. Dari hasil uji-t
untuk kelas eksperimen diperoleh thitung = 13,077 dan taraf signifikan 5% dengan derajat
kebebasan 38 diperoleh ttabel = 2,538. Dengan membandingkan hasil thitung dan ttabel dapat
disimpulkan bahwa thitung > ttabel (13,077 > 2,538), maka H1 diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan
hasil perhitungan uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok
yang dibelajarkan dengan pemberian reward melalui penerapan teknik token economy dengan
anak yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada anak usia dini. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran aktif dimasa pandemi tetap dapat berlangsung dengan
pemberian reward melalui penerapan token economy.
Kata Kunci: pembelajaran aktif, pandemi, anak usia dini.

Article Details

How to Cite
Prima, E., & Lestari, P. I. (2021). PEMBELAJARAN AKTIF DI MASA PANDEMI. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 3. https://doi.org/10.36002/snts.v0i0.1261
Section
Articles