PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA ANAK USIA DINI MELALUI PENDEKATAN MASYARAKAT BELAJAR
Article Sidebar
Download : 354
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pendekatan pembelajaran yang dapat dijadikan alternatif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika pada anak usia dini. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa TK Dharma Kumara II Canggu, tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment, dengan rancangan posttest only control group design. Sampel yang digunakan adalah seluruh siswa yang berjumlah 38 orang, yang tersebar dalam dua kelas. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis varians (anava) satu jalur. Hasil penelitian ini adalah mendapatkan pendekatan pembelajaran alternatif yang dapat meningkatkan kemampuan konsep matematika pada anak usia dini yakni dengan menggunakan pendekatan Masyarakat Belajar. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa terdapat perbedaan hasil pemahaman konsep matematika antara anak yang belajar melalui pendekatan Pembelajaran Masyarakat Belajar dengan anak yang belajar melalui model pembelajaran Konvensional, berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan ANAVA satu jalur diperoleh nilai Fhitung = 8,410 dengan taraf signifikansi 0,006 (p<0,05).
Kata Kunci : pendekatan masyarakat belajar, pemahaman konsep matematika pada anak usia dini
Abstract
This study aims to get learning approach that can be used as alternative to increase the understanding of mathematical concepts in early childhood. This study conducted in TK Dharma Kumara II Canggu, on 2013/2014. This research is a quasi experiment, and use posttest only control group design. The sample is 38 students, spread in two classes. Analysis techniques used ANOVA one way. The Result of this research is to get alternative learning approach that can improve the understanding of mathematical concepts in early childhood by using the Learning Community approach. In this study it was found that there are different results of understanding mathematical concepts among children who learn through the Community Learning approach with children through learning Conventionally model, based on the analysis using ANOVA one way obtained value of F = 8.410 with a significance level of 0.006 (p <0 , 05).
Keywords : learning community approach, understanding of mathematical concepts in early childhood
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.