PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KEBUGARAN JASMANI PADA SISWA KELAS VIII A1 SMP NEGERI 3 SAWAN

Main Article Content

I Komang Bagiasa

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kebugaran jasmani melalui implementasi pendekatan saintifik pada siswa kelas VIII A1 SMP Negeri 3 Sawan tahun pelajaran 2014/2015.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes unjuk kerja (praktik) tentang kemampuan daya ledak siswa, kekuatan otot perut dan tes kecepatan lari 50 meter.Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII A1 SMP Negeri 3 Sawan Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 27 orang.Hasil belajar kebugaran jasmani siswa pada siklus pertama dan siklus kedua terjadi peningkatan yang signifikan dilihat dari ketuntasan pada siklus pertama sebesar 77,78% dan pada siklus ke dua sebesar 88,89 %, residu ketuntasan klasikal yang diperoleh yaitu sebesar 11,11%. Jadi dari peningkatan tersebut diketahui bahwa penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran kebugaran jamani di kelas VIIIA1 SMP Negeri 3 Sawan mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Pendekatan saintifik, hasil belajar kebugaran jasmani
ABSTRACT
This study aims to determine the physical fitness of learning outcomes through the implementation of a scientific approach to the A1 class VIII SMP Negeri 3 Sawan school year 2014/2015. Data collection techniques in this study is to test the performance of the (practice) on the ability of the explosive power of students, abdominal muscle strength and speed tests run 50 meters. The subjects of this study were all students of class VIII SMP Negeri 3 Sawan A1 in the school year 2014/2015, amounting to 27 people. Physical fitness of students' learning outcomes in the first cycle and second cycle seen a significant increase of the thoroughness of the first cycle of 77,78% and in the second cycle of 88,89%.classical completeness residue obtained is equal to 11,11%. So from these increases is known that the application of a scientific approach to learning in the classroom VIIIA1 fitness Jamani SMP Negeri 3 Sawan able to improve student learning outcomes.
Keywords: Scientific approach, physical fitness, learning outcomes

Article Details

How to Cite
Bagiasa, I. K. (2016). PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KEBUGARAN JASMANI PADA SISWA KELAS VIII A1 SMP NEGERI 3 SAWAN. JEPUN: Jurnal Pendidikan Universitas Dhyana Pura, 1(2). Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/Jepun/article/view/175
Section
Articles