PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 2 TABANAN
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini : 1) untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media power point pada pengolahan dan penyajian makanan Indonesia untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas XI.3 Tata Boga SMK Negeri 2 Tabanan; 2) untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media power point pada pengolahan dan penyajian makanan Indonesia untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas di kelas XI.3 Jurusan Tata Boga dengan jumlah sampel 36 siswa. Instrumen yang digunakan kuisioner untuk mengukur kreativitas belajar serta tes essay untuk mengukur hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terjadi peningkatkan kreativitas belajar setelah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media power point pada siswa kelas XI.3 jasa boga 3 SMK Negeri 2 Tabanan Tahun 2014/2015. Hal ini dapat dilihat kreativitas belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 73,25% berada pada kategori baik sedangkan pada siklus II rata-rata kreativitas siswa 85,62% berada pada kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan telah terjadi peningkatan kreativitas belajar siswa pada siklus II, peningkatan rata-rata sebesar 12,37%. 2) Terjadi peningkatkan hasil belajar setelah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media power point pada siswa kelas XI.3 jasa boga. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa, pada siklus I memperoleh rata-rata 73,9% berada pada kategori baik sedangkan pada siklus II memperoleh rata-rata 84,08% berada pada kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada siklus II, peningkatan kata rata-rata sebesar 10,18%. Penerapan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media power point dalam penelitian ini telah dikatakan berhasil meningkatkan kreativitas serta hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini diharapkan mampu dijadikan salah satu alternatif model belajar yang dapat digunakan pada pembelajaran jasa boga untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa.
Kata kunci: model pembelajaran berbasis masalah, media power point, kreativitas belajar, hasil belajar
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Anonim. 2015. PengertianKreativitas Menurut Para Ahli. Tersedia pada: https://www.google.co.id/?gws_rd=ssl#q=pengertian+kreativitas+menurut+para+ahli. Diakses pada: Tanggal 15Maret 2015.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Graha Ilmu
Dantes, I Nyoman 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta : CV Andi Offset.
Erlinawati, E. 2008. Efektivitas penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan (studi pada siswa kelas 2 SMK Ardjuna 01 Malang). Skripsi. Malang: Universitas Negeri Malang.
Rabhista, Ginantaka, Ardian. 2012. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar (Studi pada Kelas X Jasa Boga 1 Mata Pelajaran Kewirausahaan di SMK Negeri 7 Malang). Skripsi Malang: Universitas Negeri Malang.
Krisnawati, R A. 2008. Keefektifan penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas X SMA Negeri 1 Malang. Skripsi. Malang: Universitas Negeri malang.
Munandar, 2004. Pengembangan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta : Gramedia.
Sanjaya, Wina. 2005. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.
Santrock, J.W. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Kencana Pranada Group.
Sudjana, N. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja.
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka
Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.