MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN MENJEPIT KARTU KATA BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ASTITI DHARMA

Main Article Content

Nita Nurcahyani W.S.
Elizabeth Prima
P. Indah Lestari

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berbahasa anak khususnya pada perkembangan keaksaraan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan prosedur tindakan dan seperangkat instrumen observasi. Subjek dari penelitian ini sebanyak 12 anak pada kelompok B di TK Astiti Dharma Penatih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan kemampuan keaksaraan anak meningkat dari siklus I sebesar 42%, pada siklus II terjadi peningkatan kemampuan keaksaraan sebesar 50%. Dengan kategori sedang 92%, kategori rendah 8%, dan tidak ada seorangpun anak dalam kategori sangat rendah. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan metode permainan menjepit kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak, khususnya aspek keaksaraan anak kelompok B TK Astiti Dharma tahun ajaran 2014/2015.
Kata kunci: kemampuan berbahasa, permainan menjepit kartu kata bergambar.

Article Details

How to Cite
Nurcahyani W.S., N., Prima, E., & Lestari, P. I. (2016). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN MENJEPIT KARTU KATA BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ASTITI DHARMA. JEPUN: Jurnal Pendidikan Universitas Dhyana Pura, 1(1). Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/Jepun/article/view/79
Section
Articles

References

Asiani.(2013). Peningkatan Kemampuan Membaca Melalui Permainan Lompat Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Kapuas.

Departemen Pendidikan Nasional. (2009). Surat Edaran No. 1839/C.C2/TU/2009 Perihal: Penyelenggaraan Pendidikan Taman Kanak-kanak dan Penerimaan Mahaanak didik Baru Sekolah Dasar.

Dhieni Nurbiana. (2007). Metode Pengembangan Bahasa: Hakikat Perkembangan Bahasa Anak. Semarang: IKIP Veteran.

Direktorat Pendidikan Masyarakat, (2009), Acuan Bantuan Pendidikan Keaksaraan. Diunduh pada 16 April 2015, dari: URL: http://www.paudni.kemdikbud.go.id/bindikmas/sites/default/files/documents/files/acuan%20bantuan%20pendidikan%20keaksaraan%20usaha%20mandiri%20melalui%20dekonsentrasi%202009.pdf

Hardjodipro. Siswoyo. (1997). Action Research Sintesis Teoritik. Jakarta : IKIP Jakarta

Jalongo. Mary Renck. (2007), Early Childhood Language Arts. USA: Pearson Education Inc

Latipah, Eva. (2012). Pengantar Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani.

Masitoh dkk. (2005). Strategi Pembelajaran TK. Jakarta.

Megawangi Ratna, Dkk. (2005). Pendidikan yang Patut dan Menyenangkan (Penerapan TeoriDevelopmentally Appropriate Practices). Bogor: Indonesia Heritage Foundation.

Mulyasa. E. (2007). Implementasi Kurikulum 2004: Perpaduan Pembelajaran KBK. Bandung: Rosda.

Munadi. Yudi. (2013), Media Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group.

Papalia. Diane E, (2010), Human Development. Jakarta: Kencana.

Permendiknas no 58. 2009. PeraturanMenteri Pendidikan NasionalRepublik IndonesiaNomor 58 tahun 2009TentangStandar Pendidikan Anak Usia DiniDengan Rahmat Tuhan Yang Maha EsaMenteri Pendidikan Nasional. Diunduh pada 16 April 2015, dari: http://sdm.data. kemdikbud.go.id/ SNP/dokumen/Permendiknas%20No%2058%20Tahun%202009.pdf

Sriyatin. 2013. Penerapan Media Kartu Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Kelompok B Di TK Yalista Surabaya. Program studi Pendidikan Guru, Unesa, Surabaya.

Sujiono. Yuliani. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT. Indeks

The Child Development Institute. (2006). Diunduh pada 16 April 2015, dari:http://childdevelopmentinfo.com/childdevelopment/language_develop ment/

Yudhistira,H. Dadang. (2012). Menulis Penelitian Tindakan Kelas yang APIK (Asli Perlu Ilmiah Konsisten). Jakarta: PT Grasindo