KONTRIBUSI KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU JASA BOGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK WIRA HARAPAN

Main Article Content

I. Ketut Suartana
Wayan Suryanto

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi kompetensi pedagogik dan profesional guru dalam mengembangkan metode pembelajaran efektif yang mampu memotivasi belajar siswa SMK Pariwisata Wira Harapan Tahun Ajaran 2014/2015.Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMK Wira Harapan dengan jumlah 706 siswa dengan sample 34 guru dan 34 siswa yang dipilih menggunakkan teknik pengambilan sample secara proportional random sampling). Data diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan angket. Analisis data menggunakan analisis regresi dua prediktor. Analisis deskriptif menunjukkan kompetensi pedagogik guru SMK Wira Harapan sangat baik. Kompetensi profesional di SMK Wira Harapan baik serta motivasi belajar siswa menjadi lebih baik. Hasil yang diperoleh menunjukkan (1) terdapat efek parsial dan signifikan terhadap hubungan kompetensi pedagogik guru untuk memotivasi belajar siswa dengan hasil thitung 3,459 lebih baik daripada ttabel1,6955. (2) terdapat efek parsial dan signifikan terhadap profesional kompetensi guru dan motivasi belajar siswa dengan hasilthitung 3,769 lebih baik daripada ttabel 1,6955. (3) terdapat efek simultan dan signifikan anatara pedagogik dan kompetensi professional guru terhadap motivasi belajar siswa denganFhitung sebesar 14,691 sedangkan Ftabel sebesar 3,3158 dengan efek 48,70 %. Dari masing – masing variabel memiliki efek signifikan. Hal ini direkomendasikan bagi guru – guru di SMK wira Harapan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional terhadap motivasi belajar siswa di SMK Wira Harapan Badung.
Kata kunci: kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, motivasi belajar siswa

Article Details

How to Cite
Suartana, I. K., & Suryanto, W. (2016). KONTRIBUSI KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU JASA BOGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK WIRA HARAPAN. JEPUN: Jurnal Pendidikan Universitas Dhyana Pura, 1(1). Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/Jepun/article/view/80
Section
Articles

References

A,M. Sardiman. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta : PT Rineka Cipta.

DPR RI. (2005). Undang-Undang RI Nomor14 Tentang Guru dan Dosen.

Dimayati dan Mudjiono. (2006). Belajr dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta,

Danim, Sudarwan. (2010). Pedagogi, Andragogi dan Heutagogi. Bandung : Alfa.

Firdausi, Arif dan Barnawi. 2012. Profil Guru SMK Profesional. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Hamalik, Oemar. (2009). Pendidikan Guru Berdasarkan Pendidikan Kompetensi. Jakarta :PT Bumi Aksara.

Jahja, Yudrik, (2011). Psikologi Perkembangan, Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Kheruniah. (2013). A Teacher Personality Competence Contribution To A Student Study Motivation And Discipline To Fiqh Lesson. International Journal Of Scientific & Technology Research Volume 2, Issue 2, February 2013.Pp. 108-112.

Liana Corry,Permatasari Silvia. (2010). Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru Sejarah dan Motivasi Belajar Siswa Di Kelas X SMAN 13 Surabaya. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/tag/3983/kompetesi-pedagogik

Mulyasa, E. (2008). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

_____(2009).Standard Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung : PT Remaja Rosda Karya.

Mustaqim dan Abdul Wahib. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Margono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan.Jakarta : PT Rineka Cipta.

Nurul, Zuriah. 2009. Metodolog Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Nurlaila, H. 2009. Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Motivasi Belajar

Nadifah Yulifatun Ika. 2012. Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Motivasi Belajar dari Persepsi Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa pada

Mata Pelajaran IPS di SMPN 8 Malang. http://karya-ilmiah.um.ac.id/ index.php/ ekonomi-pembangunan/article/view/5386

Pujasari. 2011. Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Keberhasilan Belajar Siswa. Diunduh dari http://file.upi.edu/Direktori/FIP/ JUR._ ADMINISTRASI_PENDIDIKAN/197907122005011-NURDIN/JURNAL_NURDIN.pdf pada tanggal 9 September 2013.

Riyanda Furqan, Pengaruh Kompetensi Guru Mata Pelajaran TIK Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa http://id.scribd.com/doc/76506361/ Pengaruh-Kompetensi-Guru-Mata-Pelajaran-intrtegi Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standard Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Pernandamedia group.

Syaiful, Sagala. (2009). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung : Alfabeta.

Sadulloh, Uyoh. (2010). Pedagogik Ilmu Mendidih. Bandung : Alfabeta.

Tuna, Ronny, Jim. (2009). Peranan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 8 Manado. Jurnal

Pendidikan No. 3 / Volume 13 Edisi Desember 2009 : MTs Daarul Qur'an Cikubang mulya di 19.01

Yunik Sulistyowati dkk. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Ekonami Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Magelang Tahun Pelajaran 2011/2012 http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/545.

Zahroh, Aminatul. 2015. Membangun Kualitas Pemebelajaran Melalui Dimensi Profesionalisme Guru. Bandung : CV Yrama Widya.