PENERAPAN MODEL PROBLEM BASE LEARNING MELALUI LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Kata Kunci: problem base learning, lesson study, kemampuan berpikir kritis
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Akinoglu, O. & Tandogan, R. O. (2007). The Effects of Problem-Based Active Learning in Science Education on Students’ Academic Achievement, Attitude and Concept Learning. Eurasia Journal of Mathematics,Science & Technology Education, 3(1): 71-81.
Anshori, S. & Munasir. (2010). Pengintegrasian problem bassed learning dan pendekatan group investigation. Jurnal PendidikanInteraksi,5(5): 1-9.
Barak, M, Ben-Chaim, D., & Zoller, U. (2007). Purposely Teaching for the Promotion ofHigher-Order Thinking Skills: A Case ofCritical Thinking. (Online), (http://www. springerlink.com/content, diakses 14 Pebruari 2014).
Ennis, R.H. (1985).Goals for a Critical Thinking Curriculum in A.L Costa (ed). Developing Minds: A Resource Book for Teaching Thinking. Alexandria: ASCD, 54-57
Lewis, Catherine C. (2002). Lesson study: A Handbook of Teacher-Led Instructional Change. Philadelphia, PA: Research for Better Schools, Inc. Morgan, Shawn. 2001. Teaching Math the Japanese Way (Online). http://
www.as1.org/alted/ lessonstudy.htm. Diakses pada 16 april2014.
Marzano, Robert J. et al. (1988). Dimensions of Thinking: A Framework for Curriculum and Instruction. Virginia: Association for Supervision and Curriculum Develompent (ASCD).
Putra, S I B. (2012). Implementasi Problem Base Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau Dari Intelegence Quetiont (IQ).Tesis. Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha.
Rahayu, dkk, (2012). Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu dengan Menggunakan Model Problem Base Learning Melalui Lesson Study. Jurnal Pendidikan.JPII 1 (1) (2012) 63-70
Redhana, I W. (2009). Pengembangan Program Pembelajaran Berbasis Masalah Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa SMA pada Mata Pelajaran Kimia. Disertasi (tidak diterbitkan). Bandung: SPs Universitas Pendidikan Indonesia.
-------------. (2011). Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Peningkatan keterampilan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis. Laporan Penelitian (tidak diterbitkan). Singaraja: Undiksha.
-------------. (2013) Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 46, Nomor 1, April 2013, hlm.76-86
Sema, A Y. (2009).The Effect of Project Based Learning on Science Undergraduates’ Learning of Electricity, Attitude towards Physics and Scientific Process Skills. International Online Journal of Educational Sciences, 2009, 1 (1), 81-105.
Rutherford, F. J. & Ahlgren, A. (1990). Science for All Americans. New York: OxfordUniversity Press.
Rustono. (2007). Lesson Study Sebagai Model Bimbingan Mahamahasiswa PGSD Pada Program Pengalaman Lapangan Di Sekolah Dasar. Penelitian Pembinaan. Fakultas Ilmu Pendidikan UPI.
Santyasa, I Wayan. ( 2007). “Metodologi Penelitian Tindakan Kelas” Makalah disajikan dalam Workshop Tentang Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi Para Guru SMP 2 dan 5 Nusa Penida Klungkung. Universitas Pendidikan Ganesha. Nusa Penida 30 Nopember s.d 1 Desember 2007
Trianto. (2011). Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Yoni, Acep, dkk. 2011. Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia Pustaka Keluarga