IMPLEMENTASI PENDEKATAN MUSIC AND MOVEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA DAN AKTIVITAS MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK TRISULA SINGARAJA

Main Article Content

G. Wira Bayu

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang dilaksanakan atas dasar kurangnya inovasi guru akan strategi mengajar yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini, kemudian rendahnya kemampuan berbahasa dan aktivitas motorik kasar anak usia dini sesuai dengan perkembangan psikomotor dan kognitifnya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka diimplementasikan pendekatan music and movement (gerak dan lagu). Penelitian tindakan ini dilakukan dalam dua siklus pada anak usia dini kelompok B TK Trisula Singaraja Tahun Ajaran 2013-2014. Masing-masing siklus pada penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan, tindakan/observasi, evaluasi dan refleksi. Data pada penelitian ini dikumpukan melalui lembar observasi, wawancara, catatan lapangan dan pengumpulan dokumen. Kemudian data dianalisi secara deskriptif kuantitatif. Pada pelaksanaan observasi didapatkan persentase rata-rata kemampuan berbahasa dan motorik kasar anak sebesar 48,8% berada pada berkategori rendah, kemudian setelah pelaksanaan siklus pertama didapatkan presentase 71,5% pada kategori cukup baik dan pada siklus II presentase kemampuan berbahasa dan kemampuan motorik kasar anak meningkat menjadi 84,8% dalam kategori baik. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa implementasi pendekatan music and movement (gerak dan lagu) mampu meningkatkan kemampuan berbahasa dan motorik kasar anak usia dini pada kelompok B TK Trisula Singaraja Tahun Ajaran 2013-2014.
Kata Kunci: Music and Movement, Kemampuan Berbahasa, Aktivitas Motorik Kasar

Article Details

How to Cite
Bayu, G. W. (2016). IMPLEMENTASI PENDEKATAN MUSIC AND MOVEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA DAN AKTIVITAS MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK TRISULA SINGARAJA. JEPUN: Jurnal Pendidikan Universitas Dhyana Pura, 1(1). Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/Jepun/article/view/82
Section
Articles

References

Agung,A.A.Gede. (1997). Pengantar Evaluasi Pengajaran. Singaraja: STKIP.

Agung,A.A.Gede.(2010). Metodologi Penelitian, Suatu Pengantar. Singaraja: FIP Undiksha Singaraja

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1993). Pedoman Evaluasi Taman Kanak-Kanak. Jakarta

Depdiknas. (2006). Kurikulum 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta.

Fridani, Lara; Wulan, Sri; Indah Pujiastuti, Sri. (2008). Evaluasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hopkins. (1993). A Teacher‟s Guide to Classroom Research. Philadephia: Open University Press.

Jampel, I Nyoman. (2005). Statistika Deskriptif. Modul. IKIP Negeri Singaraja

Koyan, I Wayan. (2007). Statistik Terapan (Teknik Analisis Dsata Kuantitatif. Singaraja: Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja

Mahawan, Sri. (2010). Listening Abilities of Pemkots Students to I Just Called To Say I Love You by Stevie Wonder. Jurnal Edu-Lingua Vol 3, No 1 Tahun 2010.

Marhaeni, A.A.I.N. (2005). Konsep Dasar dan Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Makalah (Tidak Diterbitkan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Marhaeni, A.A.I.N. (2010). Asesemen Bahasa Yang Bermakna. Makalah (Orasi Pengenalan Guru Besar). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Sardiman. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Setyarini Sri. (2010). Inovasi Pembelajaran Bahasa Inggris Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa SD. Jurnal Pendidikan Volume 11 Tahun 2010 Universitas Pendidikan Indonesia

Undang–Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Jakarta: Penerbit Cemerlang