PENDAMPINGAN PSIKO EDUKATIF DAN PARENTING DI TAMAN KANAK-KANAK
Article Sidebar
Published:
Dec 17, 2020
Dimensions
Altmetrics
Statistics
Read Counter : 150
Download : 216
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Bimbingan psiko-edukatif merupakan bagian dari pendidikan sebagai upaya memfasilitasi
dan memandirikan peserta didik agar tercapai perkembangan yang utuh dan optimal. Tujuan
umum bimbingan psiko-edukatif adalah membantu anak usia dini agar dapat mencapai
kematangan dan kemandirian dalam kehidupannya serta menjalankan tugas-tugas perkembangan
yang mencakup aspek pribadi, sosial, dan belajar secara utuh dan optimal. Dalam hal ini,
bimbingan psiko-edukatif lebih diarahkan kepada upaya pencegahan termasuk didalamnya
tindakan deteksi dini agar peserta didik tidak mengalami permasalahan yang menghambat
pembelajaran. Masalah yang dihadapi oleh mitra (dalam hal ini guru dan pendamping) adalah
minimnya pengetahuan tentang psiko-edukasi dan intervensi yang mungkin dilakukan pada anak.
Untuk itu, Tim PKM melakukan pendampingan psiko-edukatif bagi guru dan pendamping yang
menyangkut perkembangan dan masalah anak, penyebab dan cara mengatasinya serta intervensi
yang dapat dilakukan oleh guru. Selain itu, Tim PKM juga memperlengkapinya dengan
melaksanakan program parenting yang melibatkan orangtua dari siswa untuk mengenal tumbuh
kembang anak usia dini. Hasil dari pendampingan yang dilakukan yaitu antusias dari
guru/pendamping dan orang tua dalam mengetahui tumbuh kembang dan masalah anak,
penyebab dan intervensi yang dapat dilakukan bagi anak.
Kata Kunci: psiko-edukatif, parenting, taman kanak-kanak
Bimbingan psiko-edukatif merupakan bagian dari pendidikan sebagai upaya memfasilitasi
dan memandirikan peserta didik agar tercapai perkembangan yang utuh dan optimal. Tujuan
umum bimbingan psiko-edukatif adalah membantu anak usia dini agar dapat mencapai
kematangan dan kemandirian dalam kehidupannya serta menjalankan tugas-tugas perkembangan
yang mencakup aspek pribadi, sosial, dan belajar secara utuh dan optimal. Dalam hal ini,
bimbingan psiko-edukatif lebih diarahkan kepada upaya pencegahan termasuk didalamnya
tindakan deteksi dini agar peserta didik tidak mengalami permasalahan yang menghambat
pembelajaran. Masalah yang dihadapi oleh mitra (dalam hal ini guru dan pendamping) adalah
minimnya pengetahuan tentang psiko-edukasi dan intervensi yang mungkin dilakukan pada anak.
Untuk itu, Tim PKM melakukan pendampingan psiko-edukatif bagi guru dan pendamping yang
menyangkut perkembangan dan masalah anak, penyebab dan cara mengatasinya serta intervensi
yang dapat dilakukan oleh guru. Selain itu, Tim PKM juga memperlengkapinya dengan
melaksanakan program parenting yang melibatkan orangtua dari siswa untuk mengenal tumbuh
kembang anak usia dini. Hasil dari pendampingan yang dilakukan yaitu antusias dari
guru/pendamping dan orang tua dalam mengetahui tumbuh kembang dan masalah anak,
penyebab dan intervensi yang dapat dilakukan bagi anak.
Kata Kunci: psiko-edukatif, parenting, taman kanak-kanak
Article Details
How to Cite
Prima, E., Masitah, R., & Dewi, N. N. A. I. (2020). PENDAMPINGAN PSIKO EDUKATIF DAN PARENTING DI TAMAN KANAK-KANAK. Seminar Nasional Aplikasi Iptek (SINAPTEK), 3. https://doi.org/10.36002/sptk.v0i0.1205
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.