PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI SOFTWARE PEMBELAJARAN DARING PADA GURU SD NO. 2 ABIANSEMAL
Article Sidebar
Published:
Feb 12, 2022
Dimensions
Altmetrics
Statistics
Read Counter : 42
Download : 35
Download : 35
Main Article Content
I Gusti Ayu Agung Sinta Diarini
I Made Dwi Ardiada
Abstract
ABSTRAK
Desa Abiansemal, Kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung adalah salah satu desa yang berada di zona merah. Oleh karena itu pembelajaran di satuan pendidikan termasuk di SD No. 2 Abiansemal dilaksanakan secara daring. Namun faktanya masih banyak guru di sekolah tersebut yang awam dan minim tentang penguasaan teknologi pembelajaran daring. Berkaca pada hal tersebut diperlukan sebuah pelatihan tentang penggunaan aplikasi penunjang pembelajaran daring bagi guru, rendahnya kualitas pembelajaran guru yang berpengaruh pada hasil belajar siswa. Solusi yang dapat diberikan adalah melalui pendampingan penerapan teknologi pembelajaran dan mengevaluasi hasi belajar. Seluruh rangkaian kegiatan ini dievaluasi untuk mengukur keberhasilan kegiatan dengan mengumpulkan data pre-test dan post-test yang dianalisis dengan metode evaluative kuantitatif dengan uji-t. dari hasil rekapitulasi pre-test rerata pemahaman peserta sebesar 67% dan rerata hasil posttest setelah melaksanakan kegiatan menunjukkan sebesar 82% Hal ini menunjukkan secara deskriptif, pelatihan yang telah dilaksanakan mampu meningkatkan pemahaman peserta sebesar 15% dan rata-rata pre-test hasil belajar peserta dalam pembelajaran daring sebesar 73% dan setelah pelatihan rerata hasil belajar peserta dalam pembelajaran daring sebesar 89%, hal ini menunjukkan peningkatan hasil belajar dalam pelatihan pembelajaran daring sebesar 16%. Kegiatan ini menunjukkan meningkat secara keseluruhan dan berhasil.
Kata kunci: Pelatihan, Aplikasi Software, Pembelajaran Daring
Desa Abiansemal, Kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung adalah salah satu desa yang berada di zona merah. Oleh karena itu pembelajaran di satuan pendidikan termasuk di SD No. 2 Abiansemal dilaksanakan secara daring. Namun faktanya masih banyak guru di sekolah tersebut yang awam dan minim tentang penguasaan teknologi pembelajaran daring. Berkaca pada hal tersebut diperlukan sebuah pelatihan tentang penggunaan aplikasi penunjang pembelajaran daring bagi guru, rendahnya kualitas pembelajaran guru yang berpengaruh pada hasil belajar siswa. Solusi yang dapat diberikan adalah melalui pendampingan penerapan teknologi pembelajaran dan mengevaluasi hasi belajar. Seluruh rangkaian kegiatan ini dievaluasi untuk mengukur keberhasilan kegiatan dengan mengumpulkan data pre-test dan post-test yang dianalisis dengan metode evaluative kuantitatif dengan uji-t. dari hasil rekapitulasi pre-test rerata pemahaman peserta sebesar 67% dan rerata hasil posttest setelah melaksanakan kegiatan menunjukkan sebesar 82% Hal ini menunjukkan secara deskriptif, pelatihan yang telah dilaksanakan mampu meningkatkan pemahaman peserta sebesar 15% dan rata-rata pre-test hasil belajar peserta dalam pembelajaran daring sebesar 73% dan setelah pelatihan rerata hasil belajar peserta dalam pembelajaran daring sebesar 89%, hal ini menunjukkan peningkatan hasil belajar dalam pelatihan pembelajaran daring sebesar 16%. Kegiatan ini menunjukkan meningkat secara keseluruhan dan berhasil.
Kata kunci: Pelatihan, Aplikasi Software, Pembelajaran Daring
Article Details
How to Cite
Sinta Diarini, I. G. A. A., & Ardiada, I. M. D. (2022). PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI SOFTWARE PEMBELAJARAN DARING PADA GURU SD NO. 2 ABIANSEMAL. Seminar Nasional Aplikasi Iptek (SINAPTEK), 4(1). Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/SINAPTEK/article/view/1646
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.