PENERAPAN PRODUK PEMBELAJARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL DI SD NEGERI CATUR, KINTAMANI, BANGLI
Article Sidebar
Published:
Feb 12, 2022
Dimensions
Altmetrics
Statistics
Read Counter : 57
Download : 66
Download : 66
Main Article Content
Komang Trianta
Sang Made Widhi Wiguna
Nita Naga Octavia
Putu Brigita Ayu Melani
Ni Made Diana Erfiani
Christimulia Purnama Trimurti
Abstract
ABSTRAK
SD Negeri Catur adalah satu-satunya sekolah dasar yang ada di desa Catur. SD
Negeri Catur memiliki seorang guru sebanyak tujuh orang dan memiliki siswa dari kelas
satu sampai enam sebanyak 177 orang. Dalam proses pembelajaran di masa pandemi
SD Catur hanya menggunakan media pembelajaran berupa whatsapp, sehingga proses
pembelajaran jadi kurang efektif dan juga siswa tidak bisa berinteraksi secara langsung
(online) dengan guru. Kami juga melakukan wawancara terhadap Kepala sekolah dan
para guru tentang pembelajaran pada masa pandemi ini dan hasil dari wawancara kami
kebanyakan para guru memiliki kendala yang sama yaitu : kurangnya pengetahuan
murid, orang tua dan guru dalam menggunakan produk pembelajaran yang ditawarkan
Kemendikbud seperti : zoom, google meet, google form, dan classroom. Karenanya,
kami melakukan penerapan produk pembelajaran dengan cara melakukan pendampingan
dan pelatihan terhadap guru, orang tua dan siswa untuk meningkatkan literasi digital di
SD Negeri Catur.
Kata Kunci: SD Negeri Catur, Produk Pembelajaran, Literasi digital, Pelatihan,
Pendampingan
SD Negeri Catur adalah satu-satunya sekolah dasar yang ada di desa Catur. SD
Negeri Catur memiliki seorang guru sebanyak tujuh orang dan memiliki siswa dari kelas
satu sampai enam sebanyak 177 orang. Dalam proses pembelajaran di masa pandemi
SD Catur hanya menggunakan media pembelajaran berupa whatsapp, sehingga proses
pembelajaran jadi kurang efektif dan juga siswa tidak bisa berinteraksi secara langsung
(online) dengan guru. Kami juga melakukan wawancara terhadap Kepala sekolah dan
para guru tentang pembelajaran pada masa pandemi ini dan hasil dari wawancara kami
kebanyakan para guru memiliki kendala yang sama yaitu : kurangnya pengetahuan
murid, orang tua dan guru dalam menggunakan produk pembelajaran yang ditawarkan
Kemendikbud seperti : zoom, google meet, google form, dan classroom. Karenanya,
kami melakukan penerapan produk pembelajaran dengan cara melakukan pendampingan
dan pelatihan terhadap guru, orang tua dan siswa untuk meningkatkan literasi digital di
SD Negeri Catur.
Kata Kunci: SD Negeri Catur, Produk Pembelajaran, Literasi digital, Pelatihan,
Pendampingan
Article Details
How to Cite
Trianta, K., Wiguna, S. M. W., Octavia, N. N., Melani, P. B. A., Erfiani, N. M. D., & Trimurti, C. P. (2022). PENERAPAN PRODUK PEMBELAJARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL DI SD NEGERI CATUR, KINTAMANI, BANGLI. Seminar Nasional Aplikasi Iptek (SINAPTEK), 4(1). Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/SINAPTEK/article/view/1653
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.