PENDAMPINGAN MENGENAI HOAX DAN DIGITAL SAFETY KEPADA KARANG TARUNA DI DESA CATUR, KINTAMANI - BANGLI

Main Article Content

Ni Luh Putu Ari Santi Dewi
Ni Luh Putu Govi Gayatri
Maria Antonia Jehanu
Ni Kadek Ayu Asri Azhari
I Putu Darmawijaya
Yeyen Komalasari
Ni Luh Putu Suarmi Sri Patni

Abstract

ABSTRAK
Penggunaan internet di Indonesia saat ini hampir melapisi seluruh masyarakat, segala kegiatan
akan berhubungan dengan media digital. Arus informasi semakin cepat dan bebas di sebarluaskan
ke masyarakat tanpa pertanggung jawaban bahwa informasi tersebut benar adanya. Kehidupan
masyarakat saat ini sudah terbagi dua menjadi dunia maya dan dunia nyata, bahkan sebagian
masyarakat lebih aktif di dunia maya atau sosial media mereka sehingga tanpa kita ketahui
kehidupan kita sudah menjadi konsumsi publik yang bisa diakses dimana saja dan oleh siapa saja.
Maka dari itu tujuan dari kegiatan pendampingan dan pelatihan ini untuk membantu para generasi
muda yang saat ini generasi muda sebagai tombak utama digitalisasi agar lebih memahami dan
mengerti pemilahan informasi yang benar dan sesuai fakta serta bisa memilah dan melindungi
kehidupan mereka agar terhindar dari kejahatan internet yang semakin mengarah ke kriminalitas.
Metode yang kami gunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik survey kepada para
STT yang ada di desa Catur, Kintamani, Bangli. Dengan dilakukannya survey kami memperoleh
hasil bahwa sebagian besar anggota STT (Karang Taruna) mengetahui mengenai hoax dan digital
safety akan tetapi tidak bisa menangani hal tersebut dengan cara yang tepat.
Kata Kunci: literasi digital, hoax, digital safety, internet, karang taruna, Catur, Kintamani, Bangli

Article Details

How to Cite
Santi Dewi, N. L. P. A., Govi Gayatri, N. L. P., Jehanu, M. A., Asri Azhari, N. K. A., Darmawijaya, I. P., Komalasari, Y., & Sri Patni, N. L. P. S. (2022). PENDAMPINGAN MENGENAI HOAX DAN DIGITAL SAFETY KEPADA KARANG TARUNA DI DESA CATUR, KINTAMANI - BANGLI. Seminar Nasional Aplikasi Iptek (SINAPTEK), 4(1). Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/SINAPTEK/article/view/1657
Section
Articles