PENDAMPINGAN MANAJEMEN PENGETAHUAN TERHADAP SUNSHINE ICE COFFEE DESA TIBUBENENG KABUPATEN BADUNG
Article Sidebar
Published:
Feb 12, 2022
Dimensions
Altmetrics
Statistics
Read Counter : 91
Download : 66
Download : 66
Main Article Content
Ni Putu Juniantari
Feby Wulandari
Ni Made Sindi Asih
I Gusti Ngurah Krisna
Putu Chris Susanto
Abstract
ABSTRAK/ ABSTRACT
Sunshine Ice Coffee berada di Jalan Padonan, desa Tibubeneng, Kabupaten badung
merupakan sebuah usaha kedai kopi yang menjual berbagai minuman coffee yang
memiliki tiga orang karyawan yang dipimpin oleh Bapak Rai dan Bapak Dimas
Satya Aryoga. Sunshine ice coffee mengalami permasalahan terhadap pegawai
yang baru karena disana belum ada SOP, untuk mengantisipasi dan memudahkan
pegawai baru maka dibuat Standar Operasional Prosedur Sunshine Ice Coffee.
Metode yang digunakan adalah pendampingan, dengan tujuan menganalisis usaha
untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh mitra, memberikan dampingan ke
mitra terkait siklus manajemen pengetahuan (SECI), dan meningkatkan
perkembangan usaha. Kemudian, terkait cara pemasaran kedai kopi di tengah
pandemi Covid-19 adalah optimalisasi strategi dalam digital marketing di sosial
media, tetap menjaga kepercayaan konsumen, dan tetap mempertahankan mutu
produk serta menjaga tingkat kehigienisan produk yang dijual.
Kata kunci: pendampingan usaha, manajemen pengetahuan, SOP, kedai kopi, pegawai
Sunshine Ice Coffee berada di Jalan Padonan, desa Tibubeneng, Kabupaten badung
merupakan sebuah usaha kedai kopi yang menjual berbagai minuman coffee yang
memiliki tiga orang karyawan yang dipimpin oleh Bapak Rai dan Bapak Dimas
Satya Aryoga. Sunshine ice coffee mengalami permasalahan terhadap pegawai
yang baru karena disana belum ada SOP, untuk mengantisipasi dan memudahkan
pegawai baru maka dibuat Standar Operasional Prosedur Sunshine Ice Coffee.
Metode yang digunakan adalah pendampingan, dengan tujuan menganalisis usaha
untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh mitra, memberikan dampingan ke
mitra terkait siklus manajemen pengetahuan (SECI), dan meningkatkan
perkembangan usaha. Kemudian, terkait cara pemasaran kedai kopi di tengah
pandemi Covid-19 adalah optimalisasi strategi dalam digital marketing di sosial
media, tetap menjaga kepercayaan konsumen, dan tetap mempertahankan mutu
produk serta menjaga tingkat kehigienisan produk yang dijual.
Kata kunci: pendampingan usaha, manajemen pengetahuan, SOP, kedai kopi, pegawai
Article Details
How to Cite
Juniantari, N. P., Wulandari, F., Asih, N. M. S., Krisna, I. G. N., & Susanto, P. C. (2022). PENDAMPINGAN MANAJEMEN PENGETAHUAN TERHADAP SUNSHINE ICE COFFEE DESA TIBUBENENG KABUPATEN BADUNG. Seminar Nasional Aplikasi Iptek (SINAPTEK), 4(1). Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/SINAPTEK/article/view/1661
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.