PELATIHAN PEMBUATAN POP UP BOOK DI SEKOLAH DASAR NEGERI PANJER

Main Article Content

Elizabeth Prima
Putu Indah Lestari

Abstract

ABSTRAK
Membaca buku berarti membuka jendela dunia untuk mengembangkan wawasan
dan pengetahuan terutama bagi siswa sekolah dasar. Namun sangat disayangkan
jika minat baca di sekolah dasar rendah. Hal ini dimungkin terjadi karena
terbatasnya buku-buku cerita serta kegiatan membaca yang belum menjadi
pembiasaan di sekolah. Terbatasnya pengetahuan guru akan pentingnya
pengembangan literasi awal di kelas permulaan dapat berdampak pada motivasi
siswa dalam proses pembelajaran. Untuk itu tim pengusul memberikan solusi dalam
menyelesaikan permasalahan tersebut yaitu dengan merencanakan program
pelatihan bagi guru-guru Sekolah Dasar Negeri 4 Panjer dalam pembuatan Pop Up
Book. Hasil kegiatan ini adalah sebagian besar guru belum pernah mendapatkan
pelatihan pembuatan Pop Up Book. Para guru memberikan respon yang positif
terhadap kegiatan yang dilakukan karena materi yang dibawakan menarik dan
sesuai dengan tema pembelajaran yang sedang berlangsung. Selain itu kreativitas
guru dalam membuat media pembelajaran berupa pop-up book meningkat.
Harapannya melalui adanya pop up book guru dapat memberikan konsep real
dalam bentuk gambar 3D kepada siswa sekolah dasar.
Kata kunci: pelatihan, pop-up book, sekolah dasar

Article Details

How to Cite
Prima, E., & Lestari, P. I. (2022). PELATIHAN PEMBUATAN POP UP BOOK DI SEKOLAH DASAR NEGERI PANJER. Seminar Nasional Aplikasi Iptek (SINAPTEK), 4(1). Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/SINAPTEK/article/view/1663
Section
Articles