PELATIHAN KOMPETENSI PRAMUSAJI RUMAH SAKIT DALAM KETEPATAN PENDISTRIBUSIAN MAKANAN PASIEN RAWAT INAP
Article Sidebar
Published:
Jan 20, 2023
Dimensions
Altmetrics
Statistics
Read Counter : 48
Download : 51
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penyelenggaraan dan pendistribusian makanan rumah sakit bertujuan membantu pemenuhan kebutuhan gizi pasien dan mempercepat proses penyembuhan pasien. Ketepatan pendistribusian makanan pasien disertai dengan sikap sopan dan ramah akan mempengaruhi penerimaan dan kepuasan pasien terhadap pelayanan penyelengaraan makanan rumah sakit. Kegiatan ini dilakukan selama 1 bulan dengan metode Forum Group Discussion (FGD), koordinasi, pelatihan, pendampingan hingga evaluasi. FGD tentang rencana program yang akan dilaksanakan selama kegiatan pengabdian, koordinasi dengan mitra untuk melaksanakan pelatihan tentang ilmu gizi dasar, higiene sanitasi perorangan dan sistem distribusi makanan. Evaluasi mitra dilakukan dengan mengisi kuesioner oleh ahli gizi dan pasien. Hasil evaluasi tingkat pengetahuan mitra setelah diberikan pendidikan tentang pengetahuan gizi dasar, higiene sanitasi perorangan dan sistem distribusi makanan, terjadi peningkatan pengetahuan. Peningkatan pengetahuan 25% kearah pengetahuan baik. Hasil observasi menunjukkan ketepataan waktu distribusi makanan sangat baik. Kegiatan selanjutnya adalah melakukan pendampingan mitra secara langsung untuk penerapan pengetahuan mitra setelah proses pelatihan, menjaga higiene sanitasi serta penerapan komunikasi efektif dalam ketepatan pendistribusian makanan pasien rawat inap.
Kata Kunci: Pramusaji, Pelatihan, Distribusi Makanan
Penyelenggaraan dan pendistribusian makanan rumah sakit bertujuan membantu pemenuhan kebutuhan gizi pasien dan mempercepat proses penyembuhan pasien. Ketepatan pendistribusian makanan pasien disertai dengan sikap sopan dan ramah akan mempengaruhi penerimaan dan kepuasan pasien terhadap pelayanan penyelengaraan makanan rumah sakit. Kegiatan ini dilakukan selama 1 bulan dengan metode Forum Group Discussion (FGD), koordinasi, pelatihan, pendampingan hingga evaluasi. FGD tentang rencana program yang akan dilaksanakan selama kegiatan pengabdian, koordinasi dengan mitra untuk melaksanakan pelatihan tentang ilmu gizi dasar, higiene sanitasi perorangan dan sistem distribusi makanan. Evaluasi mitra dilakukan dengan mengisi kuesioner oleh ahli gizi dan pasien. Hasil evaluasi tingkat pengetahuan mitra setelah diberikan pendidikan tentang pengetahuan gizi dasar, higiene sanitasi perorangan dan sistem distribusi makanan, terjadi peningkatan pengetahuan. Peningkatan pengetahuan 25% kearah pengetahuan baik. Hasil observasi menunjukkan ketepataan waktu distribusi makanan sangat baik. Kegiatan selanjutnya adalah melakukan pendampingan mitra secara langsung untuk penerapan pengetahuan mitra setelah proses pelatihan, menjaga higiene sanitasi serta penerapan komunikasi efektif dalam ketepatan pendistribusian makanan pasien rawat inap.
Kata Kunci: Pramusaji, Pelatihan, Distribusi Makanan
Article Details
How to Cite
IB, M., Ni Putu, E. S., & I Gde, D. W. (2023). PELATIHAN KOMPETENSI PRAMUSAJI RUMAH SAKIT DALAM KETEPATAN PENDISTRIBUSIAN MAKANAN PASIEN RAWAT INAP. Seminar Nasional Aplikasi Iptek (SINAPTEK), 5. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/SINAPTEK/article/view/2222
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.