PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN STORYTELLING DI TK PRA WIDYA DHARMA CATUR
Article Sidebar
Published:
Jan 25, 2023
Dimensions
Altmetrics
Statistics
Read Counter : 44
Download : 41
Download : 41
Main Article Content
Ni Made Esy Santi Wulandari
Arlina Laia
Novenda Putri Ayuni
Fiki Sahfitri
Putu Indah Lestari
Abstract
ABSTRAK
Keterampilan menyimak merupakan bagian dari keterampilan berbahasa Indonesia yang memiliki peranan penting dan perlu diperhatikan. Budaya menyimak sebaiknya dimulai sejak dini, sejak anak mulai mengenal dunia. Hal ini, dapat dimulai dengan menyimak nyaring cerita. Hasil pengamatan kami selama melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik di TK Pra Widya Dharma Catur yang terletak pada Banjar Lampu, Desa Catur Kintamani Bangli, terdapat kendala yaitu anak-anak masih memiliki keterbatasan dalam pengembangan bahasa. Dalam menstimulasi bahasa anak di sekolah tersebut kami menggunakan media dalam bentuk visual. Gambar yang nyata, mendekati bentuk, warna dan kondisi objek yang memudahkan anak dalam memahami makna yang terkandung didalamnya. Salah satu media yang dapat menstimulasi budaya berbahasa anak yaitu boneka jari. Solusi yang diberikan kepada mitra yaitu dengan metode bercerita menggunakan alat peraga media boneka jari. Sebelum diberikan pelatihan, rata-rata skor pre test keterampilan berbahasa anak sebesar 60%. Setelah diberikan pelatihan dan pendampingan, rata-rata skor post test meningkat menjadi 85%.
Kata kunci: menyimak, berbahasa, boneka jari, TK Pra Widya Darma, Desa Catur
Keterampilan menyimak merupakan bagian dari keterampilan berbahasa Indonesia yang memiliki peranan penting dan perlu diperhatikan. Budaya menyimak sebaiknya dimulai sejak dini, sejak anak mulai mengenal dunia. Hal ini, dapat dimulai dengan menyimak nyaring cerita. Hasil pengamatan kami selama melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik di TK Pra Widya Dharma Catur yang terletak pada Banjar Lampu, Desa Catur Kintamani Bangli, terdapat kendala yaitu anak-anak masih memiliki keterbatasan dalam pengembangan bahasa. Dalam menstimulasi bahasa anak di sekolah tersebut kami menggunakan media dalam bentuk visual. Gambar yang nyata, mendekati bentuk, warna dan kondisi objek yang memudahkan anak dalam memahami makna yang terkandung didalamnya. Salah satu media yang dapat menstimulasi budaya berbahasa anak yaitu boneka jari. Solusi yang diberikan kepada mitra yaitu dengan metode bercerita menggunakan alat peraga media boneka jari. Sebelum diberikan pelatihan, rata-rata skor pre test keterampilan berbahasa anak sebesar 60%. Setelah diberikan pelatihan dan pendampingan, rata-rata skor post test meningkat menjadi 85%.
Kata kunci: menyimak, berbahasa, boneka jari, TK Pra Widya Darma, Desa Catur
Article Details
How to Cite
Wulandari, N. M. E. S., Laia, A., Ayuni, N. P., Sahfitri, F., & Lestari, P. I. (2023). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN STORYTELLING DI TK PRA WIDYA DHARMA CATUR. Seminar Nasional Aplikasi Iptek (SINAPTEK), 5. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/SINAPTEK/article/view/2306
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.