PENERAPAN MANAJEMEN PENGETAHUAN UNTUK PROMOSI PRESS ON NAIL DI PLATFORM TIKTOK LIVE DAN TIKTOK SHOP
Article Sidebar
Published:
Feb 4, 2023
Dimensions
Altmetrics
Statistics
Read Counter : 261
Download : 227
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Yanail Studio merupakan sebuah UMKM yang bergerak pada bidang jasa perawatan jari-jari tangan dan kaki yang biasa di sebut nail art, pedicure dan manicure di Denpasar, bali. UMKM ini berdiri sejak tahun 2021 dengan jumlah karyawan saat ini sebanyak 8 orang. Mitra menghadapi tantangan karena belum memiliki strategi yang efektif di platform daring TikTok Live dan TikTok Shop sehingga sering terjadi kesulitan dalam proses pengemasan barang yang terjual di TikTok Shop. Tim menerapkan manajemen pengetahuan, spesifiknya siklus SECI (socialization, externalization, combination, internalization) untuk promosi press on nail pada platform TikTok Live dan TikTok Shop, sehingga kegiatan promosi dan penjualan yang dilakukan Yanail Studio menjadi lebih efektif. Bersama mitra, tim mengeksplorasi strategi yang sudah diterapkan Yanail Studio sebelumnya (socialization), kemudian melakukan pencatatan praktik baik serta kekurangan data rancangan strategi mitra dan implementasinya (externalization). Setelah itu, tim melakukan kombinasi antara praktik baik yang sudah diterapkan mitra dengan praktik-praktik baik promosi di media sosial yang didapatkan dari berbagai sumber (combination), serta menyampaikan rekomendasi strategi promosi untuk dipertimbangkan penerapannya oleh mitra (internalization).
Kata kunci : manajemen pengetahuan, pemasaran digital, strategi pemasaran, TikTok, UMKM.
Yanail Studio merupakan sebuah UMKM yang bergerak pada bidang jasa perawatan jari-jari tangan dan kaki yang biasa di sebut nail art, pedicure dan manicure di Denpasar, bali. UMKM ini berdiri sejak tahun 2021 dengan jumlah karyawan saat ini sebanyak 8 orang. Mitra menghadapi tantangan karena belum memiliki strategi yang efektif di platform daring TikTok Live dan TikTok Shop sehingga sering terjadi kesulitan dalam proses pengemasan barang yang terjual di TikTok Shop. Tim menerapkan manajemen pengetahuan, spesifiknya siklus SECI (socialization, externalization, combination, internalization) untuk promosi press on nail pada platform TikTok Live dan TikTok Shop, sehingga kegiatan promosi dan penjualan yang dilakukan Yanail Studio menjadi lebih efektif. Bersama mitra, tim mengeksplorasi strategi yang sudah diterapkan Yanail Studio sebelumnya (socialization), kemudian melakukan pencatatan praktik baik serta kekurangan data rancangan strategi mitra dan implementasinya (externalization). Setelah itu, tim melakukan kombinasi antara praktik baik yang sudah diterapkan mitra dengan praktik-praktik baik promosi di media sosial yang didapatkan dari berbagai sumber (combination), serta menyampaikan rekomendasi strategi promosi untuk dipertimbangkan penerapannya oleh mitra (internalization).
Kata kunci : manajemen pengetahuan, pemasaran digital, strategi pemasaran, TikTok, UMKM.
Article Details
How to Cite
Adiprawira, I. W. S. A., Dharma Yoga, I. P. A., Sekarini, N. P. D., Susila, G. A. A. M. A., & Susanto, P. C. (2023). PENERAPAN MANAJEMEN PENGETAHUAN UNTUK PROMOSI PRESS ON NAIL DI PLATFORM TIKTOK LIVE DAN TIKTOK SHOP. Seminar Nasional Aplikasi Iptek (SINAPTEK), 5. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/SINAPTEK/article/view/2375
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.