PENGEMBANGAN DAN PENGOLAHAN ANEKA FROZEN FOOD SERTA PENGETAHUAN USAHA KECIL/ENTREPRENEURSHIP BAGI TIM PENGGERAK PKK KELURAHAN ABIANBASE KABUPATEN BADUNG
Article Sidebar
Download : 46
Main Article Content
Abstract
Tim Penggerak PKK Kelurahan Abianbase merupakan perwakilan ibu-ibu PKK dari 13 ( tiga belas banjar), yang terdapat dari kelurahan Abianbase Kabupaten Badung .Frozen Food merupakan makanan yang cukup diminati semua usia dan selain sebagai camilan dapat juga dikonsumsi sebagai lauk-pauk. Tujuan diadakan kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan pengahasilan,dan keterampilan bagi Tim Penggerak PKK Kelurahan Abianbase.Permasalahan yang dihadapi adalah (1) belum memiliki pengetahuan tentang jenis bahan, penerapan metode memasak yang tepat, serta penggunaan peralatan dalam pengolahan hidangan aneka frozen food (chicken nugget,simoy,nugget tahu), (2) belum memiliki ketrampilan dalam pengolahan hidangan , dan (3) belum memiliki pengetahuan tentang pengembangan usaha kecil/entrepreneurship. Metode pelaksanaan kegiatan ini yaitu ceramah menyampaikan materi frozen food dan pengembangan usaha ,demonstrasi pembuatan frozen food,pelatihan dan pendampingan.Pelatihan ini dihadiri oleh ibu rumah tangga dan ibu pekerja dengan jumlah 20 orang .Selama berlangsungnya kegiatan ini para mitra antusias dan senang dapat pelatihan membuat aneka frozen food .Hasil dari pelatihan tersebut dapat langsung dinikmati bersama-sama dan sisa nya dibawa pulang bersama-sama. Kesimpulan dari pelaksanaan pelatihan ini mitra sudah memiliki ketrampilan mengolah fozen food selain untuk konsumsi sendiri bisa juga dipasarkan menjadi usaha mandiri.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Anggraeni, D.A., Widjanarko, S.B. & Ningtyas, D.W. 2014. Proporsi tepung porang (Amorphophallus muelleri blume) tepung maizena terhadap karakteristik sosis ayam, Jurnal Pangan dan Agroindustri, 2(3): 214-223.
Becker, L., van Rompay, T.J. L., Schifferstein, H.N.J., & Galetzka, M., 2011. Tough package, strong taste: the influence of packaging design on taste impressions and product evaluations, Food Quality & Preference, 1(22): 17–23. Kuester, S. 2012. MKT I: Strategic Marketing & Marketing in Specifi Industry Contexts. University of Mannheim. Kusuma, I.D. & Untarini, N. 2014. Pengaruh pengetahuan produk terhadap niat beli dengan sikap sebagai variabel intervening, Jurnal Ilmu Manajemen ,2(4): 1573-1583. Laroche, M., Kim, C., & Zhou, L. 1996. Brand familiarity and confidence as determinants of purchase intention: an empirical test in a multiple brand context, Journal of Business Research, 37(2) :115-1920. Lin, N. & Lin, B., 2007. The effect of brand image and product knowledge on purchase intention moderated by price discount. Journal of International Management Studies, 2(2) :121-132.Loginova, O. 2010. Brand familiarity and product knowledge in customization, International Journal of Economic Theory, (6):297-309.DOI: 10.1111/j.1742-7363.2010.00136.x. Mayangsari, L., & Lilik, R. 2014. Pengaruh dukungan endorser dan brand familiarity terhadap perception of purchase risk dan dampaknya pada niat beli produk brand extention.Jurnal Manajemen Teori danTerapan.7(2):134-147