PELATIHAN MEMBUAT POWERPOINT PEMBELAJARAN BERBANTUAN MEDIA CANVA PADA SISWA SMA N 5 DENPASAR

Main Article Content

Ni Luh Putu Agetania
Santi Ika Murpratiwi
Ni Luh Putu Mery Marlinda
Dwi Novitasari
Emmy Febriani Thalib

Abstract

Pembelajaran pada umumnya dilakukan dengan berbagai metode yang menyenangkan dan
diselingi dengan penugasan untuk mempresentasikan hasil pemikiran dari siswa bersama
kelompoknya. SMA Negeri 5 Denpasar pada pembelajaran tertentu menerapkan presentasi
pada proses pembelajarannya, salah satunya pada pembelajaran Fisika, PPKN, dan Teknologi
Informasi. Agar pembuatan powerpoint tidak monoton, tim P2M melakukan sosialisasi
pembuatan powerpoint berbasis CANVA dan menjelaskan vitur-vitur aplikasi untuk membuat
presentasi menjadi lebih menarik. Aplikasi canva merupakan salah satu aplikasi online gratis
yang dapat digunakan untuk membuat desain presentasi suatu produk. Metode pelaksanaan
kegiatan ini menggunakan metode tes dan kuesioner. Setelah dilakukan pelatihan didapat hasil
dari 5 pertanyaan terkait pelatihan kolaborasi membuat powerpoint menggunakan aplikasi
canva yang diajukan yaitu, rata-rata 84% dari 48 peserta mampu menjawab pertanyaan
dengan benar dan peserta mengaku semakin bertambah pengetahuan, ketertarikan serta
keterampilannyanya terhadap desain powerpoint dan aplikasi canva. Selain itu, berdasarkan
hasil kuesioner pelaksanaan kegiatan ini, didapatkan hasil bahwa rata-rata 76.6% dari 48
peserta aktif mengikuti kegiatan dan mengekspresikan sikap senang dan puas terhadap
kegiatan pengabdian dan mengaku semakin bertambah pengetahuan, keterampilan dan
ketertarikannya terhadap desain serta pemanfaatan aplikasi berbasis teknologi.

Article Details

How to Cite
Ni Luh Putu Agetania, Santi Ika Murpratiwi, Ni Luh Putu Mery Marlinda, Dwi Novitasari, & Emmy Febriani Thalib. (2024). PELATIHAN MEMBUAT POWERPOINT PEMBELAJARAN BERBANTUAN MEDIA CANVA PADA SISWA SMA N 5 DENPASAR. Seminar Nasional Aplikasi Iptek (SINAPTEK), 6. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/SINAPTEK/article/view/2728
Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:

PT Rineka Cipta.

Djaali, Pudji Muljono, dan Ramly. 2000. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan.

Jakarta: PPs UNJ.

Hendratman, Hendi. 2014. Computer Graphic Design. Bandung: Informatika

Kotler, P., & Keller, K. L. 2016. Marketing management (15th global ed.). England:

Pearson.

Kusrianto, Adi. 2005. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta : Andi

Offset.

Rustan, S. 2009. Mendesain logo. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan

Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wheeler, A. 2009. Designing brand identity. New Jersey: John Wiley & Sons.