PENDAMPINGAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) DI SDN 2 DAN SDN 3 LUMBUNG
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah salah satu strategi pembangunan nasional
yang bertujuan untuk menciptakan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat pada
masyarakat. Salah satu sasaran PHBS adalah sekolah. Tujuan pendampingan PHBS di sekolah
adalah untuk meningkatkan kesadaran siswa, guru, dan masyarakat di lingkungan sekolah
agar menerapkan pola hidup yang bersih dan sehat untuk menciptakan sekolah sehat yang
mendukung proses belajar dan mengajar. Metode pelaksanaan kegiatan yaitu berupa
sosialisasi yang terdiri dari penyampaian materi, penayangan video animasi, sesi tanya jawab,
dan pemasangan poster PHBS di lingkungan sekolah. Materi yang disampaikan adalah cara
mencuci tangan yang baik dan benar, cara sikat gigi yang baik dan benar, konsumsi makanan
gizi seimbang, berolahraga secara teratur, membuang sampah pada tempatnya, dan
penggunaan jamban yang bersih dan sehat. Peserta dalam pendampingan PHBS adalah siswasiswi
kelas 1-6 di SDN 2 Lumbung dan SDN 3 Lumbung. Peserta pendampingan tampak aktif
dan antusias dalam mengikuti kegiatan. Hal itu terlihat dari kemampuan peserta dalam
menjawab pertanyaan dan mempresentasikan kembali di depan kelas.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Aprilia Mega Rosdiana. 2019. Sosialisasi Gerakan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Di
Sekolah Pada Anak Usia Sekolah Dasar. 15(2):1–23.
Ayu, S. M., Kurniawan, A., Ahsan, A. Y., & Anam, A. K. 2018. Peningkatan Kesehatan
melalui Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sejak Dini di Desa Hargomulyo
Gedangsari Gunung Kidul, Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian
Kepada Masyarakat, 2(1):20.
BKKBN. 2023. Disusun oleh: Tim Penyusun Badan Kependudukan dan Keluarga
Berencana Nasional. Available from:
https://kampungkb.bkkbn.go.id/kampung/10524/intervensi/519927/sosialisasi
-phbs
Husna, I., & Marcellia, S. 2019. Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Siswa SD
Negeri 5 Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung. Jurnal
Pengabdian Farmasi Malahayati, 2(1).
Kemendikbud. 2021. Disusun oleh: Tim Penyusun Direktorat Sekolah Dasar.
Available from: http://ditpsd.kemdikbud.go.id/
Kemensos RI. 2022. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS); PenguatanKapabilitas
Anak dan Keluarga. Available from: https://kemensos.go.id/perilaku-hidupbersih-
dan-sehat-phbs-penguatan-kapabilitas-anak-dan-keluarga.
Kemenkes. 2016. PHBS. Available from: https://ayosehat.kemkes.go.id/phbs
Nurfadillah, A. R. 2020. Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Di Sekolah Pada Masa
Adaptasi Kebiasaan Baru (New Normal) Clean and Healthy Living Behavior in
School During the Adaptation of New Habits (New Normal). 1–5. Available from:
http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jpkm/index
Sugiritama, I. W., Wiryawan, I. G. N. S., Ratnayanthi, I. G. A. D., Arijana, I. G. K.
K., Linawati, N. M., & Wahyuniari, I. A. I. 2021. Pengembangan Pola Hidup
Bersih Dan Sehat (PHBS) pada Anak Sekolah Melalui Metode Penyuluhan, Buletin Udayana Mengabdi, 20(1): 64.
https://doi.org/10.24843/bum.2021.v20.i01.p11
Taryatman. 2016. Untuk Membangun Generasi Muda Yang Berkarakter. Taryatman,
(1), 6. Available from: https://media.neliti.com/media/publications/259042-
budaya-hidup-bersih-dan-sehat-di-sekolah-e30972f8.pdf