PENDAMPINGAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) DI SDN 2 DAN SDN 3 LUMBUNG

Main Article Content

Ni Putu Octaviani Elisa Putri
Afifah Husna Gusmiati
Jassica Sarimba Randan
Ni Komang Trivika Ayu Sarini
Yuniatri Woli
Tirta Ayu Ginawi
Dionisia Marcelina Freitas Belo
Dewi Aprilia Siskowati
Ni Putu Dyah Krismawintari
Ni Putu Widya Astuti

Abstract

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah salah satu strategi pembangunan nasional
yang bertujuan untuk menciptakan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat pada
masyarakat. Salah satu sasaran PHBS adalah sekolah. Tujuan pendampingan PHBS di sekolah
adalah untuk meningkatkan kesadaran siswa, guru, dan masyarakat di lingkungan sekolah
agar menerapkan pola hidup yang bersih dan sehat untuk menciptakan sekolah sehat yang
mendukung proses belajar dan mengajar. Metode pelaksanaan kegiatan yaitu berupa
sosialisasi yang terdiri dari penyampaian materi, penayangan video animasi, sesi tanya jawab,
dan pemasangan poster PHBS di lingkungan sekolah. Materi yang disampaikan adalah cara
mencuci tangan yang baik dan benar, cara sikat gigi yang baik dan benar, konsumsi makanan
gizi seimbang, berolahraga secara teratur, membuang sampah pada tempatnya, dan
penggunaan jamban yang bersih dan sehat. Peserta dalam pendampingan PHBS adalah siswasiswi
kelas 1-6 di SDN 2 Lumbung dan SDN 3 Lumbung. Peserta pendampingan tampak aktif
dan antusias dalam mengikuti kegiatan. Hal itu terlihat dari kemampuan peserta dalam
menjawab pertanyaan dan mempresentasikan kembali di depan kelas.

Article Details

How to Cite
Ni Putu Octaviani Elisa Putri, Afifah Husna Gusmiati, Jassica Sarimba Randan, Ni Komang Trivika Ayu Sarini, Yuniatri Woli, Tirta Ayu Ginawi, … Ni Putu Widya Astuti. (2024). PENDAMPINGAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) DI SDN 2 DAN SDN 3 LUMBUNG. Seminar Nasional Aplikasi Iptek (SINAPTEK), 6. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/SINAPTEK/article/view/2731
Section
Articles

References

Aprilia Mega Rosdiana. 2019. Sosialisasi Gerakan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Di

Sekolah Pada Anak Usia Sekolah Dasar. 15(2):1–23.

Ayu, S. M., Kurniawan, A., Ahsan, A. Y., & Anam, A. K. 2018. Peningkatan Kesehatan

melalui Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sejak Dini di Desa Hargomulyo

Gedangsari Gunung Kidul, Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian

Kepada Masyarakat, 2(1):20.

BKKBN. 2023. Disusun oleh: Tim Penyusun Badan Kependudukan dan Keluarga

Berencana Nasional. Available from:

https://kampungkb.bkkbn.go.id/kampung/10524/intervensi/519927/sosialisasi

-phbs

Husna, I., & Marcellia, S. 2019. Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Siswa SD

Negeri 5 Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung. Jurnal

Pengabdian Farmasi Malahayati, 2(1).

Kemendikbud. 2021. Disusun oleh: Tim Penyusun Direktorat Sekolah Dasar.

Available from: http://ditpsd.kemdikbud.go.id/

Kemensos RI. 2022. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS); PenguatanKapabilitas

Anak dan Keluarga. Available from: https://kemensos.go.id/perilaku-hidupbersih-

dan-sehat-phbs-penguatan-kapabilitas-anak-dan-keluarga.

Kemenkes. 2016. PHBS. Available from: https://ayosehat.kemkes.go.id/phbs

Nurfadillah, A. R. 2020. Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Di Sekolah Pada Masa

Adaptasi Kebiasaan Baru (New Normal) Clean and Healthy Living Behavior in

School During the Adaptation of New Habits (New Normal). 1–5. Available from:

http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jpkm/index

Sugiritama, I. W., Wiryawan, I. G. N. S., Ratnayanthi, I. G. A. D., Arijana, I. G. K.

K., Linawati, N. M., & Wahyuniari, I. A. I. 2021. Pengembangan Pola Hidup

Bersih Dan Sehat (PHBS) pada Anak Sekolah Melalui Metode Penyuluhan, Buletin Udayana Mengabdi, 20(1): 64.

https://doi.org/10.24843/bum.2021.v20.i01.p11

Taryatman. 2016. Untuk Membangun Generasi Muda Yang Berkarakter. Taryatman,

(1), 6. Available from: https://media.neliti.com/media/publications/259042-

budaya-hidup-bersih-dan-sehat-di-sekolah-e30972f8.pdf