IMPLEMENTASI DAN EVALUASI RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS
Article Sidebar
Download : 65
Main Article Content
Abstract
Program MBKM-PKKM magang dan studi independen dilaksanakan pada Pusat Layanan
Psikologi Pradnyagama Gianyar yang berlokasi di Jalan Bypass Dharma Giri, Desa Bitera, Kec.
Gianyar, Kab. Gianyar. Ruang lingkup kegiatan berfokus pada bidang pendidikan anak
bertalenta khusus & terapi ABK. Pada bidang pendidikan anak bertalenta khusus menjadi
pengajar di sekolah TK dan SD dengan mendampingi anak mengerjakan kegiatan
pembelajaran selama kelas berlangsung serta menyiapkan Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran Harian (RPPH). Penyusunan RPPH perlu dilakukan penyesuaian dengan kondisi
anak untuk setiap kegiatan yang akan diberikan. Pada kelas TK terdapat anak dengan
gangguan autism, global developmental delay (GDD), dan gangguan emosi. Sedangkan pada
kelas SD terdapat anak dengan gangguan autism, attention deficit hyperactivity disorder
(ADHD), dan down syndrome. Berbagai perbedaan karakteristik anak di masing-masing
jenjang pendidikan, perbedaan di setiap RPPH yang dibuat tidak hanya akan berfokus pada
setiap kompetensi yang perlu dicapai tapi tetap menyesuaikan dengan kemampuan setiap
anak. Rancangan RPPH dibuat dengan tujuan untuk mengajarkan setiap anak bertalenta
khusus mengenai kemampuan dasar dari 5 aspek yakni kognitif, bahasa, psikomotorik, afektif,
dan sosial. Evaluasi hasil program yang dilakukan, menunjukkan bahwa RPPH untuk anak
bertalenta khusus perlu dibuat dengan rinci mulai dari waktu, kegiatan, media belajar, aspek
yang disasar, target, serta indikator keberhasilan.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Adha, N., Karma, I. N., & Husniati. 2021. Identifikasi Kesulitan Guru dalam
Penyusunan RPP Kurikulum 2013 di SD Gugus 1 Kediri. Renjana Pendidikan
Dasar, 1(3).
Aguss, R. M., Amelia, D., Abidin, Z., & Permata, P. 2021. Pelatihan Pembuatan
Perangkat Ajar Silabus dan RPP SMK PGRI 1 Limau. Journal of Social and Sience
Technology for Community Service, 2(2).
https://doi.org/10.33365/jsstcs.v2i2.1315
Angreni, S., & Sari, R. T. 2022. Analisis Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus di
Sekolah Dasar Inklusi Kota Padang, Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 94-102.
Asidiq, L. H., & Irsyadi, F. Y. A. 2022. Game Edukasi Pengenalan Nama-Nama Bunga
untuk anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita Kelas III di Sekolah Luar Biasa
ABC Tawangsari, Abdi Teknoyasa, 3(1).
https://doi.org/10.23917/abditeknoyasa.v3i1.584
Chairunisa., Purnamasari, R., & Suchyadi, Y. 2023. Analisis Kesulitan Belajar
Matematika pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita Ringan Kelas IV SDN
Perwira, Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(5).
https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2005
Elpa, R., & Dafit, F. 2022. Kerjasama Guru dan Orang Tua dalam Pembentukan
Karakter Disiplin Siswa Kelas V SDN 190 Pekanbaru, IJoIS: Indonesian Journal
of Islamic Studies, 3(1):95-110.
Fitiria, N., Munandar, D. S., Arifudin, O. 2023. Manajemen Pengelolaan Media
Pembelajaran Pendidikan Islam, Jurnal Pendidikan Islam, 12(3).
http://dx.doi.org/10.30868/ei.v12i03.4660
Hayati, M., Lestari, M. D. W., & Rahayuni, C. 2019. Rencana pelaksanaan
pembelajaran kurikulum 2013 pendidikan anak usia dini di taman kanak-kanak
se-Ciputat, Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2): 175-
https://doi.org/10.51529/ijiece.v4i2.138
Jannah, A. R., Sari, R. M., Pratiwi, I. P., & Ningrum, Y. A. 2020. Manajemen
Pelaksanaan Modifikasi RPP Pada Sekolah Inklusi SDN Semangat Dalam 2
Banjarmasin, Jurnal Manajemen Pendidikan.
https://doi.org/10.31219/osf.io/etzm4 Kunandar. 2011. Guru Profesional (Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Madyawati, L., & Zubadi, H. 2020. Pelayanan anak berkebutuhan khusus di PAUD
Inklusi, Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(1): 1-13.
Malikah, N. 2018. Modifikasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Menghapal
Hadist di Madrasah Ibtidaiyah, QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan
Agama, 10(2).
Nur’aini, E., Junaidi., Januar., & Nurhasanah. 2023. Pelaksanaan Pembelajaran PAI
pada Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Muftia Rahma Tilatang Kamang,
Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 3(4).
https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i4.226
Rahmawati, R. F. 2019. Implementasi Kurikulum Anak Berkebutuhan Khusus Di
Lentera Hati School Kudus, Quality, 7(1).
http://dx.doi.org/10.21043/quality.v7i1.4738
Sapriyah, S. 2019. Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. In Prosiding
Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 470-477).
Siregar, D. M., Simatupang, E. M., Harahap, T. A. H., Yus, A., & Simaremare, A.
Analisis Efektifitas Model Belajar Bermain Berbasis Proyek Tema
Lingkunganku Pendidikan Anak Usia Dini, Journal of Social Interactions and
Humanities, 1(1):27-36. https://doi.org/10.55927/jsih.v1i1.453
Sukmaretny, N. D. 2023. Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Inklusi Pada Anak
Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus di SD Alam Mahira Bengkulu). Manajer
Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 17(1):
-85.
Supriadi, A., Patmawati, F., & Waziroh, I. 2023. Strategi Pembelajaran Ekspositori
untuk Anak Berkebutuhan Khusus Jenis Tunarungu pada Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam, Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi
Islam, 7(2). https://doi.org/10.35316/edupedia.v7i1
Wafiana, M., & Fatimah, N. 2020. Strategi Sekolah dalam Mengimplementasikan
Sekolah Inklusif bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SMP Negeri 5 Semarang,
Jurnal Solidarity, 9(1).