IMPLEMENTASI DAN EVALUASI RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Main Article Content

Gusti Ayu Widya Gayatri
Ni Made Dwi Damayanti
Ni Kadek Sunar Ayu Diantari Dewi
I Rai Hardika

Abstract

Program MBKM-PKKM magang dan studi independen dilaksanakan pada Pusat Layanan
Psikologi Pradnyagama Gianyar yang berlokasi di Jalan Bypass Dharma Giri, Desa Bitera, Kec.
Gianyar, Kab. Gianyar. Ruang lingkup kegiatan berfokus pada bidang pendidikan anak
bertalenta khusus & terapi ABK. Pada bidang pendidikan anak bertalenta khusus menjadi
pengajar di sekolah TK dan SD dengan mendampingi anak mengerjakan kegiatan
pembelajaran selama kelas berlangsung serta menyiapkan Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran Harian (RPPH). Penyusunan RPPH perlu dilakukan penyesuaian dengan kondisi
anak untuk setiap kegiatan yang akan diberikan. Pada kelas TK terdapat anak dengan
gangguan autism, global developmental delay (GDD), dan gangguan emosi. Sedangkan pada
kelas SD terdapat anak dengan gangguan autism, attention deficit hyperactivity disorder
(ADHD), dan down syndrome. Berbagai perbedaan karakteristik anak di masing-masing
jenjang pendidikan, perbedaan di setiap RPPH yang dibuat tidak hanya akan berfokus pada
setiap kompetensi yang perlu dicapai tapi tetap menyesuaikan dengan kemampuan setiap
anak. Rancangan RPPH dibuat dengan tujuan untuk mengajarkan setiap anak bertalenta
khusus mengenai kemampuan dasar dari 5 aspek yakni kognitif, bahasa, psikomotorik, afektif,
dan sosial. Evaluasi hasil program yang dilakukan, menunjukkan bahwa RPPH untuk anak
bertalenta khusus perlu dibuat dengan rinci mulai dari waktu, kegiatan, media belajar, aspek
yang disasar, target, serta indikator keberhasilan.

Article Details

How to Cite
Gusti Ayu Widya Gayatri, Ni Made Dwi Damayanti, Ni Kadek Sunar Ayu Diantari Dewi, & I Rai Hardika. (2024). IMPLEMENTASI DAN EVALUASI RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. Seminar Nasional Aplikasi Iptek (SINAPTEK), 6. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/SINAPTEK/article/view/2734
Section
Articles

References

Adha, N., Karma, I. N., & Husniati. 2021. Identifikasi Kesulitan Guru dalam

Penyusunan RPP Kurikulum 2013 di SD Gugus 1 Kediri. Renjana Pendidikan

Dasar, 1(3).

Aguss, R. M., Amelia, D., Abidin, Z., & Permata, P. 2021. Pelatihan Pembuatan

Perangkat Ajar Silabus dan RPP SMK PGRI 1 Limau. Journal of Social and Sience

Technology for Community Service, 2(2).

https://doi.org/10.33365/jsstcs.v2i2.1315

Angreni, S., & Sari, R. T. 2022. Analisis Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus di

Sekolah Dasar Inklusi Kota Padang, Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 94-102.

Asidiq, L. H., & Irsyadi, F. Y. A. 2022. Game Edukasi Pengenalan Nama-Nama Bunga

untuk anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita Kelas III di Sekolah Luar Biasa

ABC Tawangsari, Abdi Teknoyasa, 3(1).

https://doi.org/10.23917/abditeknoyasa.v3i1.584

Chairunisa., Purnamasari, R., & Suchyadi, Y. 2023. Analisis Kesulitan Belajar

Matematika pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita Ringan Kelas IV SDN

Perwira, Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(5).

https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2005

Elpa, R., & Dafit, F. 2022. Kerjasama Guru dan Orang Tua dalam Pembentukan

Karakter Disiplin Siswa Kelas V SDN 190 Pekanbaru, IJoIS: Indonesian Journal

of Islamic Studies, 3(1):95-110.

Fitiria, N., Munandar, D. S., Arifudin, O. 2023. Manajemen Pengelolaan Media

Pembelajaran Pendidikan Islam, Jurnal Pendidikan Islam, 12(3).

http://dx.doi.org/10.30868/ei.v12i03.4660

Hayati, M., Lestari, M. D. W., & Rahayuni, C. 2019. Rencana pelaksanaan

pembelajaran kurikulum 2013 pendidikan anak usia dini di taman kanak-kanak

se-Ciputat, Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2): 175-

https://doi.org/10.51529/ijiece.v4i2.138

Jannah, A. R., Sari, R. M., Pratiwi, I. P., & Ningrum, Y. A. 2020. Manajemen

Pelaksanaan Modifikasi RPP Pada Sekolah Inklusi SDN Semangat Dalam 2

Banjarmasin, Jurnal Manajemen Pendidikan.

https://doi.org/10.31219/osf.io/etzm4 Kunandar. 2011. Guru Profesional (Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan

Pendidikan dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Madyawati, L., & Zubadi, H. 2020. Pelayanan anak berkebutuhan khusus di PAUD

Inklusi, Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(1): 1-13.

Malikah, N. 2018. Modifikasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Menghapal

Hadist di Madrasah Ibtidaiyah, QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan

Agama, 10(2).

Nur’aini, E., Junaidi., Januar., & Nurhasanah. 2023. Pelaksanaan Pembelajaran PAI

pada Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Muftia Rahma Tilatang Kamang,

Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 3(4).

https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i4.226

Rahmawati, R. F. 2019. Implementasi Kurikulum Anak Berkebutuhan Khusus Di

Lentera Hati School Kudus, Quality, 7(1).

http://dx.doi.org/10.21043/quality.v7i1.4738

Sapriyah, S. 2019. Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. In Prosiding

Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 470-477).

Siregar, D. M., Simatupang, E. M., Harahap, T. A. H., Yus, A., & Simaremare, A.

Analisis Efektifitas Model Belajar Bermain Berbasis Proyek Tema

Lingkunganku Pendidikan Anak Usia Dini, Journal of Social Interactions and

Humanities, 1(1):27-36. https://doi.org/10.55927/jsih.v1i1.453

Sukmaretny, N. D. 2023. Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Inklusi Pada Anak

Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus di SD Alam Mahira Bengkulu). Manajer

Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 17(1):

-85.

Supriadi, A., Patmawati, F., & Waziroh, I. 2023. Strategi Pembelajaran Ekspositori

untuk Anak Berkebutuhan Khusus Jenis Tunarungu pada Mata Pelajaran

Pendidikan Agama Islam, Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi

Islam, 7(2). https://doi.org/10.35316/edupedia.v7i1

Wafiana, M., & Fatimah, N. 2020. Strategi Sekolah dalam Mengimplementasikan

Sekolah Inklusif bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SMP Negeri 5 Semarang,

Jurnal Solidarity, 9(1).