EDUKASI NUMERASI DAN LITERASI UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR DI DESA MUNGGU MELALUI KEGIATAN SUMMER SCHOOL BERBASIS PAPAN PINTAR
Article Sidebar
Download : 37
Main Article Content
Abstract
Desa Munggu di Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali memilki tiga sekolah
dasar yaitu SD No. 1 Munggu, SD No. 2 Munggu dan SD No. 3 Munggu. Salah satu kendala
yang dihadapi adalah kurangnya kegiatan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa kelas
1 dan kelas 2 di tengah liburan antar tahun ajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut,
mahasiswa KKNT Universitas Dhyana Pura melakukan kegiatan Summer School berbasis
papan pintar untuk menggiatkan edukasi numerasi dan literasi siswa SD kelas 1 dan 2 di Desa
Munggu selama masa liburan sekolah. Dari empat kali kegiatan, tim KKNT mendapatkan hasil
bahwa terdapat peningkatan siswa dalam minat belajar melalui media pembelajaran.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ajeng, N., Lestary, I., & Hamdu, G. 2022. Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Literasi
dan Numerasi di Sekolah Dasar. All Rights Reserved, Pedadidaktika: Jurnal
Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(3), 687–696.
Bopo, G., Ngura, E. T., & Fono, Y. M. (2023). Peningkatan Kemampuan Numerasi
Dengan Media Papan Pintar Berhitung Pada Anak Usia 6-7 Tahun. Jurnal Ilmiah
Pendidikan Citra Bakti, 10: 468–480.
Daroin, A. D., Santoso, O. V. K., Pranidia, D. M. A., & Halimah, L. L. 2022.
Peningkatan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Siswa Di Sdn 2 Gombang
Tulungagung. D’edukasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1): 38.
https://doi.org/10.25273/dedukasi.v2i1.12670
Febrianti, S. 2022. Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Educatiom (RME)
Terhadap Peningkatan Literasi Numerasi pada Siswa SD Kelas Tinggi.
Kementerian Pedidikan dan Kebudayaan. 2019. Hasil PISA Indonesia 2018: Akses
Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas.
https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-
akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas
Perdana, R. M. S. 2021. Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas
Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9.
https://doi.org/10.32585/absis.v3i1.1385
Prastyo, H. 2020. Kemampuan Matematika Siswa Indonesia Berdasarkan TIMSS.
Jurnal Padegogik, 3(2), 111–117. https://doi.org/10.35974/jpd.v3i2.2367
Samudra, R. D., Chrisyarani, D. D., Yoel, T. C., Saputro, W. J., & Putri, Z. N. 2022.
Peningkatkan Kemampuan Literasi Siswa di SDN 01 Arjowilangun. Jurnal
Pengabdian Dharma Wacana, 2(4): 222–230.
https://doi.org/10.37295/jpdw.v2i4.257
Sere, S. 2018. Pelaksanaanprogram Literasi Untuk Meningkatkan Kemampun
Membaca Siswa Kelas Awal Sekolah Dasar Di Kabupaten Mimika.
https://repository.upi.edu/45249/4/T_PK_1604725_Chapter1.pdf
Sidu. 2020. Ini Dia Hasil Survei PISA Tentang Kualitas Pendidikan di Indonesia Dalam
Tahun Terakhir. https://ayomenulis.id/artikel/ini-dia-hasil-survei-pisatentang-
kualitas-pendidikan-di-indonesia-dalam-3-tahun-terakhir
Utami, L. D. 2021. Tingkat Literasi Indonesia di Dunia Rendah, Ranking 62 Dari 70
Negara. https://perpustakaan.kemendagri.go.id/2021/03/tingkat-literasiindonesia-
di-dunia-rendah-ranking-62-dari-70-negara/