EDUKASI NUMERASI DAN LITERASI UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR DI DESA MUNGGU MELALUI KEGIATAN SUMMER SCHOOL BERBASIS PAPAN PINTAR

Main Article Content

Ni Kadek Dwi Sri Lestari
Dewa Ayu Mirah Syahrani
Ni Kadek Indrayani
Ni Putu Eka Damayanti
Putu Indah Lestari
Putu Chris Susanto

Abstract

Desa Munggu di Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali memilki tiga sekolah
dasar yaitu SD No. 1 Munggu, SD No. 2 Munggu dan SD No. 3 Munggu. Salah satu kendala
yang dihadapi adalah kurangnya kegiatan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa kelas
1 dan kelas 2 di tengah liburan antar tahun ajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut,
mahasiswa KKNT Universitas Dhyana Pura melakukan kegiatan Summer School berbasis
papan pintar untuk menggiatkan edukasi numerasi dan literasi siswa SD kelas 1 dan 2 di Desa
Munggu selama masa liburan sekolah. Dari empat kali kegiatan, tim KKNT mendapatkan hasil
bahwa terdapat peningkatan siswa dalam minat belajar melalui media pembelajaran.

Article Details

How to Cite
Ni Kadek Dwi Sri Lestari, Dewa Ayu Mirah Syahrani, Ni Kadek Indrayani, Ni Putu Eka Damayanti, Putu Indah Lestari, & Putu Chris Susanto. (2024). EDUKASI NUMERASI DAN LITERASI UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR DI DESA MUNGGU MELALUI KEGIATAN SUMMER SCHOOL BERBASIS PAPAN PINTAR. Seminar Nasional Aplikasi Iptek (SINAPTEK), 6. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/SINAPTEK/article/view/2743
Section
Articles

References

Ajeng, N., Lestary, I., & Hamdu, G. 2022. Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Literasi

dan Numerasi di Sekolah Dasar. All Rights Reserved, Pedadidaktika: Jurnal

Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(3), 687–696.

Bopo, G., Ngura, E. T., & Fono, Y. M. (2023). Peningkatan Kemampuan Numerasi

Dengan Media Papan Pintar Berhitung Pada Anak Usia 6-7 Tahun. Jurnal Ilmiah

Pendidikan Citra Bakti, 10: 468–480.

Daroin, A. D., Santoso, O. V. K., Pranidia, D. M. A., & Halimah, L. L. 2022.

Peningkatan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Siswa Di Sdn 2 Gombang

Tulungagung. D’edukasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1): 38.

https://doi.org/10.25273/dedukasi.v2i1.12670

Febrianti, S. 2022. Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Educatiom (RME)

Terhadap Peningkatan Literasi Numerasi pada Siswa SD Kelas Tinggi.

Kementerian Pedidikan dan Kebudayaan. 2019. Hasil PISA Indonesia 2018: Akses

Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas.

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-

akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas

Perdana, R. M. S. 2021. Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas

Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9.

https://doi.org/10.32585/absis.v3i1.1385

Prastyo, H. 2020. Kemampuan Matematika Siswa Indonesia Berdasarkan TIMSS.

Jurnal Padegogik, 3(2), 111–117. https://doi.org/10.35974/jpd.v3i2.2367

Samudra, R. D., Chrisyarani, D. D., Yoel, T. C., Saputro, W. J., & Putri, Z. N. 2022.

Peningkatkan Kemampuan Literasi Siswa di SDN 01 Arjowilangun. Jurnal

Pengabdian Dharma Wacana, 2(4): 222–230.

https://doi.org/10.37295/jpdw.v2i4.257

Sere, S. 2018. Pelaksanaanprogram Literasi Untuk Meningkatkan Kemampun

Membaca Siswa Kelas Awal Sekolah Dasar Di Kabupaten Mimika.

https://repository.upi.edu/45249/4/T_PK_1604725_Chapter1.pdf

Sidu. 2020. Ini Dia Hasil Survei PISA Tentang Kualitas Pendidikan di Indonesia Dalam

Tahun Terakhir. https://ayomenulis.id/artikel/ini-dia-hasil-survei-pisatentang-

kualitas-pendidikan-di-indonesia-dalam-3-tahun-terakhir

Utami, L. D. 2021. Tingkat Literasi Indonesia di Dunia Rendah, Ranking 62 Dari 70

Negara. https://perpustakaan.kemendagri.go.id/2021/03/tingkat-literasiindonesia-

di-dunia-rendah-ranking-62-dari-70-negara/